Selasa 18 Feb 2020 19:07 WIB

Doli Kurnia: BPIP Masih Sangat Dibutuhkan

Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia menilai peran BPIP memiliki posisi yang penting.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung
Foto: Republika/Mimi Kartika
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menilai peran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memiliki posisi yang sangat penting sebagai badan yang berkomitmen untuk menjaga keutuhan bangsa. Oleh karena itu ia menganggap lembaga BPIP masih sangat dibutuhkan.

"Sangat dibutuhkan ya, kami di Komisi II menganggap BPIP ini penting dan justru harus dikuatkan. Harus dikuatkan posisinya, dan harus kita dukung," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2).

Baca Juga

Doli menuturkan, kini tinggal bagaimana membicarakan secara lebih lengkap terkait program apa yang harus dilakukan BPIP untuk membumikan Pancasila di tengah kehidupan masyarakat dan berbangsa saat ini. Menurutnya tantangan ke depan BPIP adalah menjadikan BPIP sebagai lembaga yang strategis.

"Bahkan kita di DPR sekarang sudah memasukan menjadi salah satu prioritas ruu pembinaan ideologi pancasila yang menguatkan badan ini mungkin menjadi dewan atau majelis atau apa," ujarnya.

Ia berharap BPIP tidak lagi dihadapkan dengan situasi yang pada akhirnya bisa mendegradasi lembaga tersebut. Apalagi saat ini mulai ada yang berteriak agar BPIP dibubarkan. "Nah ini yang kami tidak mau terjadi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement