Sabtu 15 Feb 2020 09:09 WIB

Kemenpora Berduka Atas Wafatnya Tati Sumirah

Sesmenpora mengucapkan turut berduka cita atas Wafatnya Tati Sumirah.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Didi Purwadi
Pemakaman pebulutangkis Tati Sumirah di TPU Rawamangun, Jakarta, Jumat (14/2).
Foto: Dok Humas Kemenpora
Pemakaman pebulutangkis Tati Sumirah di TPU Rawamangun, Jakarta, Jumat (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI melalui Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya salah satu legenda bulutangkis Indonesia Tati Sumirah. Gatot datang langsung menuju rumah duka di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (14/2).

Di lokasi, Gatot bertemu keluarga dan ikut berbela sungkawa. Sesmenpora pun ikut menyalatkan dan mengantarkan almarhum ke pemakaman. 

''Saya pribadi dan mewakili keluarga besar Kemenpora mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya almarhum ibu Tati Sumirah. Beliau adalah salah satu legenda dan pahlawan bulutangkis Indonesia. Banyak prestasi-prestasi besar yang dilahirkan oleh almarhum Tati Sumirah untuk mengharumkan bangsa ini,'' kata Sesmenpora.

photo
Pemakaman pebulutangkis Tati Sumirah di TPU Rawamangun, Jakarta, Jumat (14/2).

Tati Sumirah bersama lima pebulutangkis lainnya sukses mempersembahkan Piala Uber untuk pertama kali bagi Indonesia. Mereka menundukkan Jepang dengan skor 5-2.

Karier bulu tangkis Tati Sumirah sampai pada puncaknya saat menjadi salah satu skuad Indonesia pada kejuaraan Piala Uber 1975. Tati menjadi satu-satunya tunggal putri yang menyumbangkan poin untuk Indonesia. 

Tim Uber Indonesia juga menjadi juara Piala Uber untu kali pertamanya setelah mengalahkan Jepang yang berstatus sebagai juara bertahan. Pada final Piala Uber yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, 6 Juni 1980 itu.

Indonesia menang 5-2 atas Jepang. Lima tahun setelahnya, Tati Sumirah juga meraih medali perunggu dalam ajang Kejuaraan Dunia 1980.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement