Rabu 12 Feb 2020 18:51 WIB

Produksi Durian di Temanggung Turun Drastis

Produksi durian di Temanggung turun 70 persen dari tahun lalu.

Produksi Durian di Temanggung Turun Drastis.
Foto: RAHMAD/ANTARA FOTO
Produksi Durian di Temanggung Turun Drastis.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Produksi buah durian di Desa Ngropoh, Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada masa panen 2020 turun drastis dibanding panen 2019. Ketua Kelompok Tani Biso Mukti Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Waluyo mengatakan produksi durian tahun ini turun hingga 70 persen dari tahun lalu.

Menurut dia, turunnya produksi durian tersebut karena banyak bunga durian yang rontok. "Saat berbunga pada September-Oktober 2019 belum turun hujan sehingga mengakibatkan banyak bunga mengering dan rontok tidak menjadi bakal buah," katanya, Rabu (12/2).

Baca Juga

Ia mengatakan dengan menurunnya produksi durian, maka penghasilan petani berkurang tidak sebanyak pada masa panen tahun lalu. Ia menyebutkan jika pada 2019 pohon besar bisa berbuah hingga 1.000 biji, tahun ini cuma sekitar 200-300 biji. Bahkan ada yang lebih sedikit dan tidak sedikit yang sama sekali tidak berbuah.

Sekretaris Desa Ngropoh Ismanto menuturkan populasi tanaman buah durian di desanya sekitar 8.000 pohon. Manurut dia, tanaman durian menjadi andalan penghasilan warga Ngropoh karena setiap kali panen bisa mendapatkan penghasilan lumayan karena durian lokal Ngropoh laku keras di pasaran, selain daging buahnya tebal juga bercita rasa khas.

Ismanto menuturkan buah durian sudah menjadi ikon Desa Ngropoh, oleh karena itu ia terus berupaya mempertahankan dan mengembangkanya agar durian khas Ngropoh tetap lestari.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement