Rabu 12 Feb 2020 14:58 WIB

Dinkes Depok Ajak Warga Deteksi Dini Cegah Kanker

Ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk deteksi dini kanker.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agus Yulianto
Sel kanker. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Sel kanker. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak masyarakat untuk melakukan deteksi dini cegah kanker. Penyakit kanker merupakan penyebab kedua kematian di dunia.

Kepala Dinkes Kota Depok Novarita mengatakan, pihaknya bersinergi dengan puskesmas dan rumah sakit untuk menyosialisasikan pencegahan kanker. "Selain itu, kami juga menggelar beberapa pemeriksaan untuk deteksi dini kanker," ujar Novarita di Balai Kota Depok, Rabu (12/2).

Menurut Novarita, pencegahan dini kanker dapat dilakukan antara lain menghindari faktor risiko dan melakukan cek kesehatan secara berkala, hindari asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet gizi seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres. Selain itu juga dengan melakukan vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) dan menghindari radikal bebas.

Dia menambahkan, ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk deteksi dini kanker. Yakni pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) dan Papsmear untuk deteksi dini kanker leher rahim. Melakukan pemeriksaan payudara sendiri, pemeriksaan payudara klinis, dan mamografi untuk mendeteksi dini kanker payudara.

"Selanjutnya, pemeriksaan kulit sendiri untuk deteksi kanker kulit, dan periksa mulut sendiri untuk deteksi dini kanker mulut. Tentu semua itu sebagai upaya pencegahan dini penyakit kanker," pungkas Novarita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement