Rabu 12 Feb 2020 13:57 WIB

Emil Gelar Pertemuan Bahas Kesiapan RSHS Hadapi Corona

Hingga kini di Provinsi Jawa Barat masih negatif warga yang terjangkit virus corona

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Emil gelar pertemuan bahas kesiapan RSHS hadapi corona. Foto petugas keamanan berjaga di depan Ruang Isolasi Infeksi Khusus untuk pasien yang terkena virus corona di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, (ilustrasi).
Foto: Abdan Syakura
Emil gelar pertemuan bahas kesiapan RSHS hadapi corona. Foto petugas keamanan berjaga di depan Ruang Isolasi Infeksi Khusus untuk pasien yang terkena virus corona di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Ridwan Kamil menggelar pertemuan dengan sejumlah pejabat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Menurutnya, pertemuan ini untuk membahas mengenai kesiapan RSHS menghadapi kemungkinan penyebaran virus corona di Indonesia khususnya Jawa Barat. Serta, memantau perkembangan pasien yang sempat dirawat di RSHS karena diindikasi terjangkit virus meski hasilnya adalah negatif.

Ridwan Kamil mengatakan, hingga saat ini di Provinsi Jawa Barat masih negatif warga yang terjangkit virus corona (Covid-19). Dua pasien yang sempat dirawat di RSHS dan dua pasien yang juga mendapat perawatan di RS Paru Rotinsulu semuanya dicek dan hasilnya negatif.

Baca Juga

"Setelah dicek oleh Litbangkes yang punya alat canggih untuk memastikan semuanya negatif. Jadi per hari ini semuanya negatif," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil usai menggelar rapat, Rabu (12/2).

Menurut Emil, Pemprov Jabar selalu berkoordinasi dengan Kemenkes, dengan pihak imigrasi. Serta, tim kesehatan pelabuhan untuk memastikan kita punya data-data yang akurat di Jabar.

Emil mengatakan, RSHS yang menjadi rumah sakit rujukan di Jabar sudah sangat siap menghadapi penyebaran Covid-19. Ketika ada pasien yang diindikasi terjangkit maka yang bersangkutan akan alngsung diobservasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Kemudian dia juga akan masuk ke ruang isolasi untuk dilakukan pengecekan lebih lengkap," kata Emil.

Selain RSHS, kata dia, saat ini ada lima rumah sakit yang sudah disiagakan. Yakni di Cirebon, Subang, Sukabumi, Indramayu, dan Garut yang akan melengkapi sistem pertahanan dalam persiapan menghadapi Covid-19.

Emil pun meminta kepada masyarakat untuk proaktif jika mengindikasi ada saudara atau tetangga yang memiliki ciri-ciri terjangkit virus corona. Khususnya, mereka yang baru bepergian dari luar negeri seperti Tiongkok atau negara yang sudah ada terjangkit virus tersebut.

"Kita ada nomor yang harus dipopulerkan kalau ada apa-apa kontak 119 untuk bertanya dan melaporkan dan lain sebagainya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement