Senin 10 Feb 2020 03:33 WIB

Operasi Pasar Bawang Putih Digelar di 22 Pasar di Jakarta

Sebanyak 22 kendaraan yang masing-masing membawa kurang lebih 500 kg bawang putih

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Petugas memperlihatkan cabai saat operasi pasar cabai merah dan bawang putih di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta, Ahad (9/2).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas memperlihatkan cabai saat operasi pasar cabai merah dan bawang putih di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta, Ahad (9/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka kegiatan Operasi Pasar (OP) Cabai Rawit Merah, Cabai Merah Keriting, dan Bawang Putih di Toko Tani Indonesia Centre Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (9/2).

Sebanyak 22 kendaraan yang masing-masing membawa kurang lebih 500 kg bawang putih dan 250 kg cabai didistribusikan ke 22 pasar di wilayah DKI Jakarta dengan harga terjangkau, yaitu bawang putih seharga Rp 30.000 per kilogram dan cabai rawit merah seharga Rp 35.000 per kilogram.

Gubernur Anies, operasi pasar dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, menekan laju inflasi, pengendalian kenaikan harga. Serta memastikan ketiga stok bumbu dapur tersebut dalam jumlah stok yang cukup. Anies turut menyaksikan pemberangkatan (22) kendaraan yang akan melakukan operasi pasar.

Ia mengatakan Jakarta memiliki ketergantungan pasokan pangan pada wilayah di luar Jakarta. Di sisi lain, harga yang terjadi di Jakarta memiliki implikasi nasional. Pada saat harga mengalami kenaikan, di situlah negara hadir dengan membawa pasokan tambahan untuk membuat harga menjadi stabil kembali.

"Jadi intervensi yang dilakukan dalam bentuk operasi pasar pasokan untuk cabai merah dan bawang putih adalah bagian untuk stabilisasi harga. Dan insyaAllah dengan operasi yang dilakukan ini, maka harga di Jakarta bisa lebih stabil," jelas Gubernur Anies.

Adapun ke 22 (dua puluh dua) Pasar tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pasar Tomang Barat

2. Pasar Kramat Jati

3. Pasar Tanah Abang

4. Pasar Jatinegara

5. Pasar Kebayoran Lama

6. Pasar Klender SS

7. Pasar Senen

8. Pasar Anyer Bahari

9. Pasar Glodok

10. Pasar Johar Baru

11. Pasar Tebet Barat

12. Pasar Pondok Labu

13. Pasar Koja Baru

14. Pasar Gondangdia

15. Pasar Mampang Prapatan

16. Pasar Petojo Ilir

17. Pasar Kelapa Gading

18. Pasar Cijantung

19. Pasar Pulogadung

20. Pasar Pal Merah

21. Pasar Metro Atom

22. Pasar Minggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement