Ahad 09 Feb 2020 12:02 WIB

Emil akan Sulap Surya Kencana Bak Malioboro

Dana Rp 30 M disiapkan untuk merevitalisasi Surya Kencana Bogor.

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Indira Rezkisari
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyiapkan dana Rp 30 miliar untuk merevitalisasi Jalan Surya Kencana, Bogor.
Foto: Bayu Adji / Republika
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyiapkan dana Rp 30 miliar untuk merevitalisasi Jalan Surya Kencana, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan membantu pendanaan Rp 30 miliar untuk memperbaiki Jalan Suryakencana (Surken) di Kota Bogor. Emil menyatakan, Surken akan menjadi jalan terbaik di Kota Bogor bak Malioboro di Yogyakarta.

"Kami ingin menjadikan Jalan Suryakencana ini menjadi jalan terbaik di Kota Bogor. Maka kita hibahkan Rp 30 miliar dari pemerintah provinsi tahun ini untuk dikelola jalannya keren, kayak Malioboro (Yogyakarta) dan Braga di Bandung," kata Emil usai menghadiri Bogor Street Festival CGM 2020 di Kota Bogor, Sabtu (8/2).

Baca Juga

Emil mengungkapkan, Pemprov Jabar tidak hanya mendukung Bogor Street Festival CGM. Lebih dari itu, sambung Emil, pihaknya akan membantu untuk memperbaiki Jalan Surken secra fisik.

"Kalau saya datang lagi tahun depan, insya Allah perbaikan konten, suasana jalannya juga lebih berkualitas dan akhirnya pariwisata meningkat," katanya.

Tahu lalu, Emil menjelaskan, Pemrov Jabar mentargetkan 51 juta wisatawan yang datang ke Jabar. Namun, wisatawan yang berkunjung mencapai 60 juta.

"Artinya orang betah di Jabar. Nah, betah itu ada dua, nature tourism dan ada yang seperti ini event," katanya.

Di Jabar, Emil mengatakan setidaknya terdapat 100 event yang tercatat. Namun, lima event di Jabar telah masuk dalam kalender kegiatan (callender of event) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Satu dari lima yang didukung oleh pemerintah pusat adalah CGM. Sisanya ada di Bandung Asia Afrika Festival (AAF), Di Cirebon, Garut dan lain-lain," kata Emil.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement