Sabtu 08 Feb 2020 23:19 WIB

Karhutla di Nunukan Sudah Berhasil Dipadamkan

Luas hutan dan lahan yang terbakar mencapai 3,2 hektare.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah
Kebakaran hutan dan lahan (ilustrasi)
Foto: Dok Koramil 1203/Kawalu
Kebakaran hutan dan lahan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Personel gabungan dari lintas institusi berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu (8/2). Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo.

"Sejumlah 38 personel dari BPBD 24 personel, TNI tiga, Polri satu dan Polisi Hutan 10 bekerja sama di lapangan," ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (8/2).

Baca Juga

Menurut Agus, luas hutan dan lahan yang terbakar mencapai 3,2 hektare dan berada di lahan kosong dekat perkebunan milik warga. Kepemilikan lahan masih dalam investigasi pihak berwenang. Apabila dihitung sejak 17 Januari 2020 lalu, total luas terbakar mencapai 50 hektar di wilayah itu.  "Kebakaran yang terjadi pada pukul 13.50 waktu setempat berhasil dipadamkan pada 16.45 WITA," tambahnya.

Personel gabungan yang bekerja di lokasi terbakar didukung oleh peralatan dan perlengkapan. Seperti satu unit mobil operasional milik BPBD, dua unit mobil pemadam, enam unit pompa air portable dan empat unit alat pemukul api. Ranting pohon pun juga digunakan oleh beberapa personel untuk memadamkan api. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement