Jumat 07 Feb 2020 22:31 WIB

Harga Bawang Putih di Trenggalek Naik Dua Kali Lipat

Penghentian impor bawang putih dari China sebabkan harga naik.

Harga Bawang Putih di Trenggalek Naik Dua Kali Lipat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Harga Bawang Putih di Trenggalek Naik Dua Kali Lipat.

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Harga komoditas bawang putih di pasar-pasar tradisional Trenggalek, Jawa Timur mengalami lonjakan hingga dua kali lipat. Harga bawang putih naik dari sebelumnya di kisaran Rp 28 ribu per kilogram menjadi Rp 55 ribu.

"Harga naik sudah dua pekan terakhir, terutama sejak merebak isu wabah corona di Wuhan, China," kata Kania, salah seorang pedagang sembako di pasar besar Pon, Trenggalek, Jumat (7/2).

Baca Juga

Kenaikan harga bawang putih diprediksi masih akan terus terjadi seiring tingginya permintaan yang tidak diimbangi stok di pasaran. Penghentian sementara bawang impor dari China menjadi penyebab naiknya harga komoditas bumbu dapur itu karena belum ada pengganti dari negara lain, termasuk India.

"Kenaikan ini berdampak terhadap daya beli masyarakat. Ya karena mahal tentu volume belanja warga menjadi turun," ujarnya.

 

Untuk jenis komoditas lain, harga terpantau stabil. Cabai rawit merah yang sebelumnya mencapai Rp 80 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp 57 ribu per Kg.

"Untuk telur stabil di Rp 22 ribuper Kg," kata Suki, pedagang lain.

Dikonfirmasi terkait kelangkaan serta lonjakan harga bawang putih, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut hal itu dampak penundaan rencana impor dari China.

Ia berharap importir mengeluarkan stok yang ada untuk stabilisasi harga. "Kemarin saya bertemu Pak Menteri Perdagangan, menyampaikan agar tidak gebyah uyah semua mau diputus begitu saja (impor bawang dari China). Harus diperhitungkan eksesnya di bawah," katanya saat berkunjung di Trenggalek.

Menurutnya pasokan bawang putih impor tidak hanya berasal dari Cina, namun juga dari India. Emil mengaku Kementerian Perdagangan saat ini masih melakukan proses pembahasan lebih lanjut terkait rencana penghentian rencana impor bawang putih China tersebut.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement