Rabu 05 Feb 2020 14:16 WIB

Natuna Minta Kompensasi, Istana: Usulan Kami Catat

Natuna minta kompensasi usai menjadi lokasi karantina WNI di Wuhan.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) asal Wuhan, Hubei, China beraktivitas di depan Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) asal Wuhan, Hubei, China beraktivitas di depan Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istana Kepresidenan menerima usulan Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau terkait diberikannya kompensasi kepada warga setempat.

Permintaan kompensasi ini muncul setelah Natuna dipilih pemerintah pusat sebagai lokasi observasi kesehatan bagi warga negara Indonesia (WNI) eks Provinsi Hubei, Cina yang kembali ke Tanah Air.

Baca Juga

"Usulan tersebut akan kami catat dan mudah-mudahan bisa dipertimbangkan lebih jauh," ujar Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, di kompleks istana kepresidenan Jakarta, Rabu (6/2).

Pemerintah, ujar Fadjroel, juga menjamin keterbukaan informasi mengenai perkembangan terkini observasi terhadap WNI eks Hubei di Natuna. Menurut rencana awal, observasi kesehatan akan dilakukan paling tidak 14 hari. "Tetapi secara teknis kapan akan dirilis, itu tergantung Menteri Kesehatan," ujar Fadjroel.

Sebelumnya, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal meminta kompensasi dari pemerintah karena wilayahnya menjadi lokasi observasi 238 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Cina. Mereka akan diobservasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Ia menjelaskan kompensasi yang diinginkan, yakni pemerintah membangun rumah sakit dengan peralatan yang lengkap di Natuna. Dengan demikian, warganya memiliki fasilitas kesehatan yang baik.

"Betul (minta kompensasi), yang jelas kami minta nanti dibangun rumah sakit yang lebih lengkap," ujar Abdul di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/2).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement