Selasa 04 Feb 2020 18:38 WIB

Sembilan Sapi di Situbondo Mati Mendadak

Beberapa petugas dinas peternakan diterjunkan untuk ambil sampel sapi mati.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah
Sapi mati (ilustrasi)
Foto: AP/Star-Telegram, Rodger Mallison
Sapi mati (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Warga Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Sutubondo digegerkan matinya sembilan ekor sapi secara misterius dalam sepekan terakhir. Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur (Jatim) Wemi Niamawardi mengonfirmasi kebenaran matinya sembilan ekor sapi secara misterius tersebut.

Mendapat informasi tersebut, Wemi langsung menginstruksikan jajarannya melakukan investigasi. Beberapa petugas dinas peternakan diterjunkan ke lapangan untuk mengambil sampel sapi yang mati. "Ini barusan dapat berita, saya di Sumut misi dagang, baru saja di WA dari Situbondo. Jadi langkah kami ya langsung melakukan investasi kami tugaskan," ujar Wemi dikonfirmasi Selasa (4/2).

Baca Juga

Wemi menyatakan, belum bisa memastikan apa penyebab matinya sembilan ekor sapi tersebut. Menurutnya, masih nenunggu hasil penelitian. Sampel yang telah diambil akan dibawa ke UPT laboratorium kesehatan hewan di Malang. Namun dia berharap, kematian sapi tersebut bukan karena antraks. "Mudah mudahan bukan antraks," kata Wemi.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, pada awalnya hanya ada dua ekor sapi saja yang mati secara mendadak. Tidak lama kemudian, menyusul tujuh ekor sapi lainnya yang juga di Desa Bantal, mendadak mati. "Sementara ini masih diteliti secara laboratoris. Petugas sudah bergerak mengidentifikasi penyebabnya," kata Wemi.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement