Senin 03 Feb 2020 19:36 WIB

Jadi Cawagub DKI Jakarta, Riza Patria Sowan ke Fraksi DPRD

Riza Patria mendatangi fraksi-fraksi DPRD untuk bersilaturahim.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bayu Hermawan
Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria melakukan kunjungan silaturahim ke beberapa fraksi di DPRD DKI Jakarta, Senin (3/2). Kunjungan silaturahum ini sebagai bentuk pengenalan kepada tujuh fraksi di DPRD minus PKS, jelang pemilihan Wagub di DPRD nanti.

Ahmad Riza Patria mengatakan sebagai cawagub dari Partai Gerindra bersama Fraksi Gerindra di DPRD DKI pada Senin mengawali kunjungan silaturahmi ke Fraksi PAN. "Tadi kita mulai pertama ke PAN dilanjutkan ke fraksi-fraksi lain seperti PKB, Golkar, PSI sisanya nanti besok atau lusa ya," kata Riza kepada wartawan, Senin (3/2).

Baca Juga

Ia menyebut tujuan kunjungan ini selain dalam rangka silaturahmi, juga agar lebih saling mengenal. Biar semakin lebih dekat, lebih saling memahami antara dirinya sebagai cawagub DKI dengan fraksi-fraksi di DPRD DKI. Selain itu juga mengenal para anggota fraksi agar bisa bersinergi positif.

"Insha Allah nanti kalo kami terpilih bisa bersinergi yang positif dan baik lagi dalam rnagka membantu tugas tugas dari Pak Gubernur Anies Baswedan kedepan," imbuhnya.

Terkait penekanan Gubernur Anies, dimana Wagub DKI yang terpilih nanti tidak memiliki program sendiri, melainkan hanya mengikuti program gubernur. Riza sepakat akan hal itu. Ia menyebut, sebenarnya program gubernur sudah di susun dicanangkan di kampanyekan oleh gubernur dan wagub terpilih yakni Anies-Sandi sebelumnya.

Kemudian program kampanye itu, jelas dia dirapatkan dan direvisi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bersama DPRD. Karena itu, menurut dia, sudah tentu Wagub DKI terpilih kedepan tugasnya membantu melaksanakan dan memastikan program-program DKI dalam RPJMD harus dilaksanakan.

"Wagub PAW (pergantian antar waktu) itu tidak boleh bawa visi misi program tersendiri, tugasnya membantu Gubernur melaksanakan dan memastikan program yang dilaksanakan dapat dilakukan dengan baik," terangnya.

Usai berkunjung ke empat fraksi di DPRD hari ini, rencananya besok pada Selasa atau lusa Riza akan mengunjungi tiga fraksi lain, yakni Fraksi Demokrat, Fraksi NasDem dan Fraksi PDI Perjuangan. Walaupun diakui dia, kunjungan ke Fraksi PDI Perjuangan sudah direncanakan sejak awal, namun karena kondisi anggota fraksi yang belum siap, agenda kunjungan diundur hari selanjutnya.

Sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga mengajak kadernya yang juga cawagub DKI Nurmansjah Lubis melakukan safari politik ke anggota DPRD DKI Jakarta. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sakhir Purnomo mengatakan rencananya komunikasi akan dilakukan secara maksimal dengan berkeliling ke fraksi di DPRD DKI.

"Kami akan kenalkan. Nantinya Bang Anca (panggilan akrab Nurmansjah Lubis) akan menjelaskan rencana-rencananya jika menjadi Wagub," kata Sakhir.

Menurut Sakhir proses safari politik yaitu berkomunikasi langsung dengan para anggota DPRD maupun partai merupakan hal yang wajar dilakukan. Meski demikian ia mengatakan belum mengetahui rencana atau pun program- program yang akan dilakukan oleh Nurmansjah.

"Kan biasa ketika ada proses di DPRD lalu ada komunikasi ya itu hal biasa lah," ujar Sakhir.

Sebelumnya, pada Selasa pagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerima surat yang menyatakan dua orang Cawagub telah ditentukan oleh Partai Gerindra dan PKS. Kedua nama tersebut adalah Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS yang menggeser dua nama sebelumnya yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement