Senin 03 Feb 2020 15:55 WIB

BMKG: Ada Tekanan Rendah di Samudra Hindia

Tekanan rendah menyebabkan potensi hujan.

BMKG: Ada Tekanan Rendah di Samudra Hindia. Foto: Logo BMKG
BMKG: Ada Tekanan Rendah di Samudra Hindia. Foto: Logo BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya Banten dan Australia bagian utara serta sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Lampung menyebabkan sejumlah wilayah berpotensi hujan beberapa hari ke depan. Potensi hujan disertai dengan angin kencang hingga 5 Februari mendatang.

BMKG juga memantau adanya konvergensi memanjang di Samudra Hindia Barat Sumatra dan Laut Flores hingga NTT. Terdapat daerah belokan angin di wilayah Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah dan utara, Maluku Utara dan Samudra Pasifik Utara Papua.

Baca Juga

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat 3 Februari 2020 yaitu Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara.

Kondisi ini masih berlangsung untuk Selasa (4/2) di Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Pada Rabu (5/2) kondisi yang sama di wilayah Sumatea Barat, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku.

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, NTB, NTT, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua pada Senin (3/2).

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Papua pada Selasa (4/2).

Sedangkan pada Rabu (5/2) berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jabodetabek, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Papua.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement