Kamis 30 Jan 2020 19:51 WIB

Pemerintah RI Evakuasi WNI dari Wuhan dalam Waktu Dekat

Pemerintah Indonesia akan segera memulangkan WNI dari Wuhan dalam waktu dekat

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Pesawat jenis Boeing 737 yang akan dipakai untuk mengevakuasi WNI di Wuhan, China disiagakan di Skadron Udara 17,  Bandara Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis (30/1).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Pesawat jenis Boeing 737 yang akan dipakai untuk mengevakuasi WNI di Wuhan, China disiagakan di Skadron Udara 17, Bandara Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis (30/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah Indonesia akan segera memulangkan warga negara Indonesia (WNI) dari daerah terdampak virus Corona baru di Wuhan dan kota lain di Provinsi Hubei. Hal tersebut sesuai keputusan pemerintah China yang juga siap memfasilitasi pemulangan WNI.

"Pemerintah RI siap memulangkan WNI dalam waktu dekat. Saat ini, sedang dimatangkan kesiapan di dalam negeri dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari tujuh titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi penjemputan (Bandara di Wuhan)," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri yang diterima Republika, Kamis (30/1).

Baca Juga

Hal tersebut diperlukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan. Tim KBRI Beijing sudah berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu fasilitasi proses tersebut di lapangan. KBRI telah meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administrasi lainnya.

Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi dalam proses ini evakuasi ini. Kendati demikian waktu pastinya belum diinformasikan.

"Tugas utama Kementerian Luar Negeri adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, instansi terkait lain yang akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement