Kamis 30 Jan 2020 04:00 WIB

Depok akan Tambah 50 Wi-Fi Gratis di Fasilitas Publik

Depok bergerak menuju smart city.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Wifi
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Wifi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok akan kembali menambah pemasangan wifi gratis sebanyak 50 titik yang tersebar di beberapa fasilitas publik pada tahun ini. Pemasangan wifi ini merupakan upaya dalam mendukung Program Smart City (Kota Cerdas) di Kota Depok.

"Tujuan dari pemasangan wifi tersebut selain untuk mendukung program Smart City, juga untuk mendorong masyarakat agar berdaya guna. Dengan demikian, dapat menambah nilai perekonomian masyarakat setempat," ujar Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono.

Baca Juga

Menurut Sidik,  program pemasangan wifi gratis telah dilaksanakan sejak 2016. Hingga 2019, sudah lebih dari 200 wifi yang terpasang. "Lokasi pemasangan kami prioritaskan di fasilitas umum, seperti taman kelurahan dan RW, tempat ibadah, dan lain sebagainya," kata dia.

Dia menambahkan, lokasi pemasangan wifi juga bisa melalui pengajuan dari masyarakat. Sebelum pemasangan, pihaknya akan melakukan pengecekan ke lapangan guna memastikan lokasi tersebut terhubung dengan jaringan Fiber Optik (FO). "Syaratnya lokasi itu harus terhubung dengan jaringan FO. Kalau belum terhubung kami juga akan fasilitasi. Namun, tentunya juga harus ada yang mengelola wifi-nya," jelas Sidik.

Dia berharap, pengelola wifi gratis ini memahami terkait Informasi Teknologi (IT). Dengan begitu dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mensosialisasikan internet sehat kepada masyarakat. "Wifi gratis ini diharapkan dapat dimanfaatkan warga untuk kegiatan positif," harap Sidik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement