Selasa 28 Jan 2020 16:06 WIB

Bupati Purbalingga Buka Festival Soedirman IV

Festival Jenderal Soedirman ini juga akan menjadi festival tahunan

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Bupati Purbalingga Tasdi dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi
Foto: Eko Widiyatno
Bupati Purbalingga Tasdi dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi membuka Festival Jendral Soedirman yang ke-4 di Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Selasa (28/01). Rangkaian Kegiatan festival diawali lomba balap becak yang diikuti oleh 200 abang becak yang berlokasi di Alun-alun Purbalingga.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 0702 Purbalingga yang bisa menyelenggarakan Festival Jenderal Soedirman untuk  ke 4 kalinya. ''Hal ini pantas diapresiasi. Terlebih karena Kabupaten Purbalingga merupakan tempat lahir seorang tokoh nasional Jenderal Soedirman,'' katanya.

Dia menyebutkan, Festival Jenderal Soedirman ini juga akan menjadi festival tahunan karena sesungguhnya kegiatan ini  merupakan festival kebudayaan dan pariwisata. ''MTL Jenderal Soedirman merupakan salah satu destinasi wisata edukasi akan menjadi daya tarik wisata. Salah satu pendukungnya, adalah dengan penyelenggaraan festival ini,'' katanya.

Bupati juga menyebutkan, penyelenggaraan festival juga diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran dan wafatnya beliau Panglima Besar Jenderal Soedirman. Beliau lahir pada 24 Januari 1916 dan beliau meninggal tepat di tanggal 29 Januari.

Dia juga menyebutkan, pada tahun 2020 ini, alun-alun Rembang yang berada di depan MTL Soedirman, akan dipercantik. Bahkan di kawasan MTL ini akan dibangun wahana-wahana wisata, sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

''Dengan semakin tertatanya MTL, kami berharap daya tarik wisata MTL akan lebih kuat, sehingga wisatawan berbondong-bondang berkunjung ke MTL,'' katanya.

Ketua Panitia Festival Jenderal Soedirman Letkol Inf Saeroji, mengatakan kegiatan Festival Soedirman memang sudah menjadi program kerja dari Kodim 0702 Purbalingga. ''Tujuannya adalah untuk meneladani jiwa dan semangat kepahlawanan Panglima Besar Jenderal Soedirman,'' tegasnya.

Dia menyebutlkan, Festival Soedirman IV ini akan berlangsung hingga 4 Februari 2020. Kegiatan yang dilaksanakan, antara lain berupa berbagai kegiatan lomba, pemutaran film sejarah Jenderal Soedirman, outbond, percobaan sain roket air dan robot jalur, Kirab Merah Putih, pengajian dan haul Jenderal Soedirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement