Jumat 24 Jan 2020 13:45 WIB

Petani Penyintas Gempa Palu Butuh Bantuan Benih Padi

Dampak bencana membuat sektor pertanian lumpuh di dua kecamatan

Benih padi
Foto: FOTO ANTARA/Dedhez Anggara
Benih padi

REPUBLIKA.CO.ID, SIGI - Petani penyintas bencana gempa dan likuefaksi di Kecamatan Tanambulava dan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah membutuhkan bantuan benih padi sawah. Mereka sudah mulai menanam padi perdana setelah irigasi/gumbasa perlahan-lahan telah berfungsi airi lahan pertanian.

"Kesulitan mendapatkan benih padi sawah menjadi salah satu faktor utama petani di Kecamatan Gumbasa dan Tanambulava," ucap Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gumbasa-Tanambulava, Septiato di Sigi, Jumat (24/1)

Septiato menerangkan, penyebab petani mengalami kesulitan benih bibit dikarenakan, petani tidak menggarap lahan pertanian karena rusak dan kesulitan air pasca bencana gempa dan likuefaksi.

Dampak dari bencana itu, diakuinya membuat sektor pertanian lumpuh di dua kecamatan tersebut. Bahkan, sarana penunjang pertanian petani rusak karena terdampak bencana.

"Bencana itu membuat petani sulit mendapatkan air, karena irigasi/gumbasa tidak berfungsi. Selain itu, minimnya ketersediaan sarana penunjang, seperti suur dangkal, alkon dan handtractor turut menunjang sulitnya petani menggarap lahan pascabencana," sebutnya.

Saat ini, Septiato menerangkan petani dua kecamatan tersebut sedang bersiap untuk mulai menanam padi, yang diperkirakan akan berlangsung pada bulan Maret-April 2020.

Terkait kesulitan benih, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan berjanji akan menyalurkan bantuan benih padi pada pekan Februari 2020 untuk petani dua kecamatan itu.

"Rencana luas tanam padi sawah untuk bulan Maret-April sekitar 800 hektare. Nah, Pemerintah menjanjikan kami bahwa benih akan didistribusi pada pekan ketiga Februari 2020," ungkapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement