Rabu 22 Jan 2020 21:25 WIB

Kreativitas Pemuda Lalan Mengolah Sisa Panen

Pemkab Muba mendukung usaha yang dilakukan para pemuda Lalan

Rep: rahma sulistya/ Red: Hiru Muhammad
Camilan Sehat dari Kecamatan Lalan Telas dan Dilan
Foto: Humas Pemkab Muba
Camilan Sehat dari Kecamatan Lalan Telas dan Dilan

REPUBLIKA.CO.ID, LALAN -- Kreatif dan inovatif, dua kata inilah yang patut disematkan bagi muda mudi Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Meski tinggal di wilayah yang jauh dari pusat kota dan berada di kawasan perairan, mereka mampu berkreasi menciptakan makanan yang digemari banyak orang. 

Hal itu dilakukan Ari Setiawan bersama sejumlah pemuda Lalan lainnya yang tergabung dalam Bunshin Indonesia. Mereka merintis usaha penjualan produk camilan sehat yang berbahan baku dari sisa-sisa hasil panen petani di kecamatan Lalan. 

Produknya beragam ada keripik yang terbuat dari kulit pisang, abon dari pepaya, dan stik dilan yang terbuat dari talas. "Semuanya berasal dari sisa hasil panen petani Lalan,” ungkap Ari.

Ide awal usaha mereka bermula dari banyaknya sisa hasil pertanian yang terbuang sia-sia. “Di situlah kami mulai berpikir, bagaimana menjadikan sisa panen tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat,” tutur Ari. 

Saat ini produk-produk camilan sehat yang dipasarkan Bunshin Indonesia yang dirintis 2018 lalu sudah menyebar di berbagai toko makanan di Palembang dan online.“Alhamdulillah kami sangat didukung Pemkab Muba khususnya Pak Bupati Dodi Reza dan Ibu Ketua TP PKK Muba Thia Yufada,” tutur Ari.

Pihaknya berharap bersama muda mudi Lalan lainnya yang menggeluti usaha Bunshin Indonesia, akan terus berinovasi mencari ide baru untuk dikembangkan dan dipasarkan. Mereka ingin nama Lalan Muba ini terangkat dengan kreatifitas dan produktifitas generasi mudanya.

Ketua TP PKK Muba, Thia Yufada mengaku takjub dan bangga dengan kreativitas pemuda di Lalan, yang mampu menjadi entrepeneur dengan menjual produk makanan yang inovatif. Mantan Presenter salah satu TV swasta itu mungkapkan, TP PKK Muba akan mendampingi anak-anak muda Lalan dalam mengembangkan usahanya.

“Saya yakin ke depan produk ini akan terkenal, seperti juga sebelumnya di Muba telah memulai produk Gambo Muba dan piring dari pelepah pinang. Saat ini juga TP PKK Muba telah membina dan mendampingi ibu-ibu di Lalan, untuk andil dan mengembangkan produk-produk yang berasal dari Lalan,” kata Wanita Inspirasi Sumsel itu.

Bupati Muba Dodi Reza mengungkapkan, Pemkab Muba melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan mendukung anak muda Lalan dalam memasarkan produk Bunshin Indonesia.

Telas dan Dilan akan jadi produk andalan Muba. Dodi juga berharap, anak-anak muda lainnya di Muba juga  terinspirasi dengan apa yang sudah dilakukan Ari tersebut. “Mari berlomba-lomba berinovasi dan mewujudkan Muba Maju Berjaya di 2022,” kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement