Selasa 21 Jan 2020 10:40 WIB

Danone Ajak Generasi Muda Aktif Capai Target MDGs

Danone bertekad mendampingi semangat anak-anak muda.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia, sebagai salah satu pembicara dalam Millenial Summit 2020.
Foto: istimewa
Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia, sebagai salah satu pembicara dalam Millenial Summit 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bagian dari komitmen Danone Indonesia untuk mendukung target pencapaian SDGs pemerintah yang juga tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan agenda prioritas pemerintah terkait implementasi SDGs di Indonesia. Sekaligus menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terlibat dalam proses pencapaian tersebut, Danone Indonesia turut serta dalam kegiatan Indonesia Millenial Summit 2020 (IMS 2020) yang di selenggarakan oleh IDN Media di The Tribata, Jakarta.

Dalam konferensi ini, Danone Indonesia turut mengelaborasi berbagai inisiatif yang dilakukan perusahaan bersama mitra, terutama dibidang kesehatan, nutrisi, serta keberlanjutan lingkungan.

Dari sisi kesehatan dan nutrisi, Danone Indonesia berkomitmen untuk aktif dalam mendukung target pemerintah untuk mengurangi angka prevalensi stunting di Indonesia dengan melakukan berbagai edukasi seperti Aksi Cegah Stunting, Isi Piringku, Ayo Minum Air (AMIR), serta mengembangkan program Water Access Sanitation and Hygiene (WASH) untuk memastikan ketersediaan akses air bersih dan sanitasi yang baik dimana saat ini telah menjangkau lebih dari 165.000 jiwa.

Sementara itu, dari sisi keberlanjutan lingkungan, Danone Indonesia melalui Danone-AQUA, berupaya untuk mewujudkan praktik bisnis yang berkelanjutan sekaligus menjadi bagian dari solusi berbagai tantangan sosial dan lingkungan dengan menjaga sirkularitas bisnisnya di tiga hal yaitu sumber daya air, energi, dan kemasan.

Melalui berbagai inisiatif yang telah di lakukan selama ini, tercatat saat ini Danone-AQUA telah berhasil melakukan berbagai upaya konservasi dengan menanam lebih dari 2,5 juta pohon, membangun lebih dari 1.300 sumur resapan, membangun lebih dari 57 ribu biopori, serta membangun fasilitas panen hujan.

Selain itu, Danone-AQUA juga mengembangkan program pengurangan jejak karbon dengan mendorong penggunaan energi terbarukan dalam proses opersional perusahaan. Dalam mengembangkan ekonomi sirkular (Circular Economy), Danone-AQUA menginisiasi gerakan #BijakBerplastik dan menjadi perusahaan yang 70 persen dari bisnisnya telah sepenuhnya sirkular.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia, sebagai salah satu pembicara dalam Millenial Summit 2020, menyatakan, pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) bagi Danone merupakan hal yang esensial dan selaras dengan misi perusahaan “One Planet, One Health” yaitu meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penyediaan nutrisi yang terkandung dalam makanan dan minuman yang diproduksi, sekaligus meningkatkan gaya hidup sehat masyarakat dan menjaga keberlangsungan lingkungan.

“Kami berusaha untuk mendukung tercapainya target pencapaian SDGs baik dalam skala global maupun nasional melalui beragam program dan inisiatif kami. Kami berkomitmen untuk menggunakan usaha kami sebagai kekuatan untuk melakukan kebaikan dengan mensinergikan SDGs dalam strategi usaha, melahirkan ragam inovasi produk untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat dan pada saat bersamaan juga turut menjaga keberlangsungan lingkungan/planet kita," kata Vera dalam rilisnya, Selasa (21/1).

IMS 2020 merupakan sebuah konferensi yang membahas berbagai topik pada berbagai bidang dan sektor yang saat ini sedang aktual di Indonesia dengan harapan dapat memunculkan ide maupun solusi yang kreatif dan inovatif. Kegiatan ini mempertemukan para pemimpin Indonesia dan ahli dari berbagai bidang maupun industri dengan para milenial untuk berdiskusi dan membahas isu-isu yang sedang menjadi perhatian para pemuda Indonesia.

Terkait hal ini, Vera juga menjelaskan, Danone Indonesia juga meyakini peran generasi muda  merupakan salah satu kunci dalam perusahaan untuk terus berinovasi demi tercapainya visi yang lebih besar untuk kemajuan Indonesia. Menurutnya, generasi muda saat ini merupakan generasi yang haus akan perubahan dan merupakan pemimpin di masa depan.

“Generasi muda di Danone Indonesia mendapatkan perhatian yang begitu besar, karena kami sadar bahwa mereka adalah pemimpin di masa depan yang dipenuhi oleh ide dan inovasi. Maka dari itu kami terus mendampingi semangat mereka dan mengarahkan bagaimana agar setiap keputusan usaha yang dilakukan dapat berdampak baik bagi masyarakat dan keberlanjutan lingkungan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement