Senin 20 Jan 2020 03:25 WIB

Dirjen Kemendikbud: Kemunculan Kerajaan Baru tidak Aneh

Munculnya kerajaan baru ekspresi mengidentifikasi diri dengan kejayaan masa lalu.

Dirjen Kemendikbud: Kemunculan Kerajaan Baru tidak Aneh. Keraton Agung Sejagat.
Foto: Tangkapan Layar Youtube.
Dirjen Kemendikbud: Kemunculan Kerajaan Baru tidak Aneh. Keraton Agung Sejagat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid mengatakan tidak ada yang aneh dengan kemunculan kerajaan-kerajaan baru. "Menurut saya tidak ada yang aneh. Dari waktu ke waktu terus bermunculan. Kalau kita lihat, sejak 1970-an, kerajaan seperti itu bermunculan," ujar Hilmar di Jakarta, Ahad (19/1).

Kemunculan kerajaan baru tersebut merupakan bentuk ekspresi dari masyarakat yang mengidentifikasi diri dengan kejayaan masa lalu. "Tidak ada yang aneh. Cara mengekspresikan bermacam-macam," kata dia.

Baca Juga

photo
Tokoh Sunda Empire ditampilkan dalam salah satu akun Youtube.

Menurut dia, hal itu baru menjadi masalah jika mengumpulkan massa, mengumpulkan dana, hingga membentuk tentara. Menurut dia, hal itu merupakan urusan kepolisian.

Hilmar juga menganggap kemunculan kerajaan-kerajaan baru tersebut sebagai soal kedalaman pengetahuan. Seberapa jauh yang bersangkutan mempelajari sejarah, diramu menjadi hal baru.

Sejumlah kerajaan baru bermunculan di Tanah Air, seperti Keraton Djipang di Blora, Keraton Agung Sejagat di Purworejo, hingga Sunda Empire di Jawa Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement