Jumat 17 Jan 2020 10:26 WIB

Perbaikan Taman Makam Pahlawan Purwakarta Ditunda

Usulan anggaran untuk perbaikan taman makam pahlawan tak disetujui.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Gita Amanda
Perbaikan Taman Makam Pahlawan Purwakarta ditunda. Foto Taman makam pahlwan, (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Perbaikan Taman Makam Pahlawan Purwakarta ditunda. Foto Taman makam pahlwan, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Purwakarta menunda perbaikan Taman Makam Pahlawan Sirnaraga pada 2020 ini. Sebab usulan anggaran untuk perbaikan taman makam pahlawan yang diajukan itu tidak disetujui dalam pembahasan APBD.

Kepala Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) pada Distarkim Purwakarta, Kosasih mengatakan sedianya Distarkim akan merenovasi taman makam pahlawan pada tahun ini. Namun rencana tersebut terpaksa ditunda karena ada beberapa program pembangunan yang jauh lebih diprioritaskan.

Baca Juga

"Alokasi anggaran akan difokuskan untuk pembangunan atau perbaikan jalan terlebih dahulu,” kata Kosasih baru-baru ini.

Kosasih mengatakan kondisi Taman Makam Pahlawan Sirnaraga memang membutuhkan perbaikan. Kompleks makam yang terletak di Jalan Pahlawan itu banyak mengalami kerusakan dan membutuhkan pemugaran.

Ia mencontohkan kondisi batu nisan yang sudah termakan usia. Sebagai tempat peristirahatan orang yang berjasa, sudah selayaknya makam tersebut diperbaiki. Selama ini ada empat petugas yang bergantian merawat taman makam pahlawan setiap harinya.

“Kerusakan bukan karena tidak dirawat, tapi memang sudah dimakan usia," ujarnya.

Ia mengaku pihaknya akan kembali mengajukan perbaikan Taman Makam Pahlawan Sirnaraga pada anggaran 2021. Sehingga kompleks makam ini bisa lebih layak. Pada usulan sebelumnya diperkirakan perbaikan membutuhkan anggaran Rp2,5 miliar.

“Perbaikan akan kami lakukan tapi tidak tahun ini, tapi kami akan ajukan lagi dianggaran perubahan, atau kalau tidak di 2021. Mudah-mudahan terealisasi," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement