Kamis 16 Jan 2020 01:01 WIB

Pembeli Lithuania Borong Puluhan Ton Tepung Kelapa Sulut

Pembeli asal Lithuania membeli puluhan ton tepung kelapa dari Sulawesi Utara

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pembeli asal Lithuania membeli puluhan ton tepung kelapa dari Sulawesi Utara. Ilustrasi.
Foto: Antara
Pembeli asal Lithuania membeli puluhan ton tepung kelapa dari Sulawesi Utara. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pembeli asal Lithuania membeli puluhan ton tepung kelapa dari Sulawesi Utara (Sulut) pada awal 2020 ini. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Darwin Muksin di Manado, Rabu (15/1).

"Minat masyarakat Lithuania beli produk turunan kelapa cukup tinggi. Kali ini sebanyak 23 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 30.730 dolar AS," katanya.

Baca Juga

Lithuania merupakan salah satu dari tiga negara baltik yang dekat dengan Laut Baltik. "Kami bersyukur karena produk turunan kelapa yang satu ini bisa menembus pasar Lithuania yang masih di benua Eropa," kata Darwin.

Menurutnya untuk masuk di pasar Eropa tidak mudah karena banyak persyaratan yang perlu dipenuhi. "Melihat minat pembeli dari Lithuania yang cukup tinggi ini, harus dimanfaatkan dengan baik oleh petani dan pengekspor Sulawesi Utara," ungkap dia.

Harus diakui, lanjut dia, pasar Eropa paling sering membeli tepung kelapa asal provinsi ini dibandingkan negara lain di Asia, Amerika, dan Afrika. Karena itu, kualitas dan kuantitas produk harus dijaga dengan baik, jangan sampai mengecewakan pembeli.

"Karena untuk mendapatkan satu pembeli internasional butuh waktu yang cukup lama," jelas Darwin. Ia mengatakan pemerintah akan terus memfasilitasi para pengekspor di Sulawesi Utara sehingga mendapatkan pasar baru agar harga semakin bersaing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement