Senin 13 Jan 2020 14:58 WIB

Seekor Ular Piton Masuk Kos-Kosan Mahasiswa di Padang

Sebelumnya, Damkar Padang mengevakuasi satu ekor ular kobra di permukiman warga.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
ilustrasi ular piton
Foto: Antarafoto
ilustrasi ular piton

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar) Kota Padang pada Senin (13/1) mengevakuasi satu ekor ular piton sepanjang 3 meter dari kos-kosan mahasiswa di di kawasan Jalan Dr M Hatta, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Ular piton ini ditemukan sedang berdiam di atas plafon rumah kos tersebut.

Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi keberadaan piton ini sejak Ahad (12/1) malam WIB. Tapi karena kondisi ular tersebut di atas plafon dan tidak bergerak, Damkar Padang baru melakukan evakuasi pada Senin pagi.

"Tadi malam kami mendapat informasi adanya ular piton masuk ke kosan mahasiswa. Namun, karena berada di atas plafon dan baru saja memangsa hewan lain, kami biarkan hingga pagi dulu," kata Basril.

Ular piton tersebut, menurut Basril, tidak banyak bergerak karena kekenyangan usai memangsa sesuatu. Pihaknya belum dapat memastikan apa yang sudah dimangsa oleh piton.

Basril memprediksi ular yang dalam kondisi gemuk di bagian tengah itu kemungkinan usai memangsa sejenis kucing atau musang. Karena hewan malata yang gemar melilit ini tidak banyak bergerak, Damkar Padang dapat dengan mudah melakukan evakuasi. ''Badannya gemuk luar biasa. Kami mengevakuasi dengan menariknya dari atas plafon,'' jelasnya.

Sebelumnya di hari yang sama, Damkar Padang juga melakukan evakuasi terhadap satu ekor ular kobra sepanjang 1 meter di kawasan Komplek Kuala Nyiur 2 Blok D, Kelurahan Pasir Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Kobra tersebut berdiam di dalam kloset kamar mandi warga. Damkar berencana menyerahkan ular-ular ini ke pihak BKSDA atau komunitas pecinta reptil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement