Jumat 10 Jan 2020 23:20 WIB

Polres Cirebon Kota Tanam 7.000 Bibit Mangrove di Pantura

Butuh tenaga untuk penanaman di pantai utara Cirebon.

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah
Bibit mangrove yang akan ditanam (ilustrasi)
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Bibit mangrove yang akan ditanam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kepolisian Resor Cirebon Kota, Polda Jawa Barat, menanam sebanyak 7.000 bibit pohon mangrove di pantai utara (pantura). Penanaman pohon ini salah satu upaya untuk meminimalkan bencana alam.

"Ada sekitar 7.000 bibit pohon mangrove yang kita tanam secara serentak di wilayah hukum Polres Cirebon Kota," kata Wakapolres Cirebon Kota Kompol Marwan Fajrian di Cirebon, Jumat (10/1).

Baca Juga

Marwan mengatakan, ada lima lokasi yang ditanami secara serentak, yaitu di Pantai Kesenden, Klayan, Kejawanan, Sungai Winong Desa Karangreja, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon dan Zona Mangrove Kasih Sayang Desa Mundu Pesisir.

Penanam pohon mangrove di pantai utara Cirebon, lanjut Marwan upaya Polri untuk ikut peduli kepada lingkungan sekitar dan juga salah satu ikhtiar meminimalkan terjadinya bencana. "Penanaman pohon mangrove ini untuk ikut mencegah terjadinya bencana," ujarnya.

Pohon mangrove merupakan tanaman yang bisa meminimalkan terjadinya bencana abrasi maupun rob yang kerap terjadi di sepanjang bibir pantai. Dia juga berpesan kepada semua masyarakat sekitar pesisir untuk bersama-sama menjaga dan merawat pohon yang baru ditanam ini, agar bisa terus tumbuh besar.

"Kami mohon kerja sama untuk pengawasan. Dan bersama-sama kita pelihara untuk kelestarian lingkungan di masa depan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement