Jumat 10 Jan 2020 01:21 WIB

Emil akan Fasilitasi Nelayan Jabar Ingin Melaut ke Natuna

Nelayan Jabar sudah difasilitasi untuk melaut ke beberapa perairan provinsi lain.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
Nelayan melintas di dermaga kecil di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Nelayan melintas di dermaga kecil di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil, akan memfasilitasi nelayan yang ingin melaut ke perairan Natuna. Namun, menurut Ridwan Kamil, sejauh ini belum ada permintaan nelayan asal Jabar tersebut.

Ridwan Kamil mengatakan, saat ini nelayan Jabar sudah difasilitasi untuk melaut ke beberapa perairan provinsi lain. Salah satunya, melalui kerja sama dengan Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga

“Nggak ada masalah, kita mah sebenarnya bukan soal ke Natuna tidak ke Natuna. Sekarang saja nelayan Jabar ini, dengan kerja sama antarprovinsi sudah melautnya sampai ke Maluku utara,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/1).

Emil mengatakan, dengan begitu, nelayan sudah cukup memiliki alternatif tujuan tangkapan selain di laut Jabar. “Tanpa ke Natuna saja, nelayan kita sudah sibuk,” katanya.

Namun, kata Emil, tidak menutup kemungkinan adanya nelayan yang mau ke Natuna. Pemprov Jabar, siap memfasilitasi hal tersebut.

“Jadi kalau nanti ada kita koordinasikan. Bagaimana pun kita kan NKRI,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta nelayan memaksimalkan sumber daya yang ada di perairan Natuna. Hal itu menyusul aktivitas penangkapan ikan ilegal oleh kapal China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement