Rabu 08 Jan 2020 13:28 WIB

Wagub Sulsel Kunjungi Korban Angin Puting Beliung di Sidrap

Tercatat ada 1.240 unit bangunan yang rusak akibat terjangan puting beliung

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat mengunjungi warga yang tertimpa musibah angin putin beliung di Sidrap, Sulawesi Selatan, Selasa (7/1).
Foto: Humas Pemprov Sulsel
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat mengunjungi warga yang tertimpa musibah angin putin beliung di Sidrap, Sulawesi Selatan, Selasa (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi lokasi yang terdampak angin puting beliung di kampung Arawa, Kecamatan Watang Pulu, Kelurahan Batulappa Kabupaten Sidrap, Selasa (7/1) malam. Dalam kunjungannya tersebut, ia mencatat ada 1.240 unit bangunan yang rusak akibat terjangan puting beliung

"Total tercatat khusus di Kabupaten Sidrap sampai dengan malam ini, terdata 1.240 unit rumah yang rusak, baik rusak ringan, sedang, dan berat, serta korban luka terdata sebanyak dua orang," ujar Andi Sudirman dalam siaran pers, Rabu (8/2).

Baca Juga

Andi Sudirman berujar, bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Provinsi Sulsel telah memberikan bantuan dan mendrop logistik. Kemudian akan dilanjutkan dengan melakukan koordinasi dan rekonstruksi secara perlahan pada Rabu pagi untuk beberapa unit rumah.

Selain itu dia mengatakan, pihaknya juga akan melakukan perencanaan bersama dan bersinergi dengan TNI-Polri, Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Pusat. Untuk kemudian pemulihan secara terstruktur akan segera dilakukan.

"Kami meminta kepada seluruh stakeholder untuk mendoakan dan ikut berpartisipasi aktif dalam membantu saudara kita yang terkena musibah, semoga Allah Subhanahu Wata'ala memudahkan. Aamiin," ujarnya.

Seperti diketahui, angin puting beliung menerjang Kelurahan Batulappa Kabupaten Sidrap pada Ahad (5/1). Akibatnya puluhan rumah warga rusak dan sejumlah pohon di beberapa titik di Kabupaten Sidrap ikut terdampak. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dalam kunjungannya dia didampingi oleh Bupati Sidrap dan Wakil bupati Sidrap serta Komando Distrik Milter (Dandim) Letkol Inf. J P Situmorang, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sidrap Siara Barang.

Lurah Batulappa, Mansyur mengatakan, sangat bersyukur bahwa di tengah musibah yang menimpa ini dikunjungi langsung oleh perwakilan pemerintah daerahnya. Dengan begitu menurut Mansyur, warga merasa diperhatikan, khususnya yang terkena musibah. "Korban yang dikunjungi langsung oleh Pak Wagub yakni Asis Laman, Usman/Najirah, korban yang luka Jumadil (12) tahun dan Khumaera (9) tahun," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement