Ahad 05 Jan 2020 23:53 WIB

Antisipasi Banjir, Polres Sukabumi Tanam Ribuan Pohon

Ribuan pohon ditanam di sejumlah daerah perkotaan.

Rep: riga nurul iman/ Red: Nashih Nashrullah
Ribuan pohon ditanam di sejumlah daerah perkotaan guna mengantisipasi banjir.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ribuan pohon ditanam di sejumlah daerah perkotaan guna mengantisipasi banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI— Polres Sukabumi Kota menggiatkan aksi penanaman ribuan bibit pohon di sejumlah lokasi di Kota Sukabumi, Ahad (5/1). Langkah ini dilakukan sebagai dukungan atas gerakan penghijauan di perkotaan dan mencegah terjadinya bencana alam.  

Contohnya dilakukan di wilayah hukum Polsek Cibeureum dengan menanam ratusan bibit pohon Jabon di sepanjang Jalan Akasia Cibeureum Kota Sukabumi. Aksi penanaman pohon yang dilakukan oleh jajaran Polres Sukabumi Kota tersebut telah dilaksanakan sejak akhir Desember 2019 lalu.   

Baca Juga

‘’ Hingga saat ini, sebanyak hampir 2.000 bibit pohon berbagai jenis berhasil ditanam di beberapa lokasi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,’’ ujar Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo, Ahad.

Selain untuk penghijauan, aksi penanaman pohon yang dilakukan oleh jajarannya tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk meminimalisir terjadinya bencana alam longsor dan banjir.  

Ke depan lanjut Wisnu, aksi penanaman pohon ini memang terus dilaksanakan di seluruh lokasi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Sehingga gerakan ini dapat mendorong adanya kepedulian kepada lingkungan. 

Gerakan penanaman pohon ini, ungkap Wisnu, dilakukan sebagai implementasi dari arahan kapolri. Di mana menyerukan jajaran kepolisian di seluruh Indonesia untuk melakukan aksi penanaman pohon dalam rangka pelestarian  lingkungan hidup bagi kesinambungan masa depan.  

‘’Intinya sesuai dengan arahan Kapolri saat video conference beberapa waktu lalu agar harus melakukan aksi penanaman pohon,’’ cetus Wisnu. Targetnya penanaman pohon ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tidak hanya sekarang, namun di masa depan. 

Ribuan bibit pohon tersebut ditanam di beberapa lahan milik Polri dan lahan masyarakat. Adapun jenis bibit pohon tersebut terdiri dari bibit pohon Suren, Albasiyah, Manglid, Manii, Jabon dan sebagainya. Selain itu ribuan bibit pohon sejenis buah-buahan pun turut ditanam di beberapa lokasi yang terdiri dari bibit pohon mangga, jeruk bali, jeruk limo hingga pohon durian.n riga nurul iman

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement