Sabtu 04 Jan 2020 05:55 WIB

BNN Maksimalkan Peran Desa Bersinar Berantas Narkoba

Desa Bersinar yang akan dimaksimalkan perannya ini jumlahnya ada 85 desa.

Dua pelajar SMA melintas di depan layar saat mengikuti sosialisasi pencegahan dan penanganan narkoba  (ilustrasi)
Foto: Antara/Rahmad
Dua pelajar SMA melintas di depan layar saat mengikuti sosialisasi pencegahan dan penanganan narkoba (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Tengah berkomitmen memberantas peredaran narkoba, dengan memaksimalkan peran 85 desa bersih narkoba (Bersinar) pada 2020. "Gubernur Sulawesi Tengah telah menandatangani SK tentang desa bersinar pada tahun 2019, di dalamnya 85 desa yang dibentuk. Nah, desa ini akan menjadi ujung tombak pencegahan untuk pemberantasan narkoba di Sulteng," ucap Kepala Bagian Umum BNNP Sulawesi Tengah, Masnawati Rahman, di Palu, Jumat (3/1).

Wati menguraikan Desa Bersinar berperan melindungi masyaraktnya untuk tidak terkontaminasi barang haram. Caranya dengan melakukan sosialisasi bahaya narkoba, termasuk melakukan tes urine.

Baca Juga

"85 desa bersinar di Sulawesi Tengah tersebar di semua kabupaten/kota, desa-desa tersebut sebagian sudah jalan program pencegahan, sebagian lagi belum," ujar dia.

Ia menerangkan, pembiayaan atau sumber dana kegiatan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan narkotika oleh Desa Bersinar. Sedangkan sebagian lagi dibebankan pada anggaran desa.

"BNN telah membangun kesepahaman dan melakukan penandatangan dengan Kementerian Desa mengenai pencegahan peredaran narkoba. Kementerian Desa berkomitmen untuk terlibat memerangi narkoba, dengan mendorong desa untuk melakukan pembinaan di masyarakat," urai dia.

Di Sulteng, lanjut Wati menguraikan salah satu desa yang telah menjalankan program pencegahan bahaya narkoba yaitu Desa Wani 1 di Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala. Desa tersebut melibatkan semua komponen di desa mulai dari tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan tokoh agama, untuk bersama-sama mencegah peredaran narkoba.

"Jadi, BNNP Sulawesi Tengah berharap setiap desa bersinar mempunyai inovasi dan kreasi dalam upaya memerangi narkotika segala macam jenis," katanya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement