Jumat 03 Jan 2020 12:23 WIB

Kementerian PUPR Kebut Pembangunan Bendungan Ciawi Sukamahi

Saat ini pengerjaan konstruksi Bendungan Ciawi Sukamahi sudah mencapai 45 persen

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan bendungan Ciawi Sukamahi akan selesai pada tahun ini. Basuki mengatakan Kementerian PUPR akan mengebut penyelesaian pembangunan bendungan.

Basuki menjelaskan saat ini untuk konstruksi sudah mencapai 45 persen. Pembebasan lahan bendungan juga sudah mencapai 90 persen lebih.

Baca Juga

Ia mentargetkan akhir tahun nanti bendungan sudah selesai dibangun. "Bagian hulu kita meneruskan pembangunan bendungan kita percepat tahun ini akan bisa jadi karena tanah sebagian besar bebas sudah 90 persen lebih," ujar Basuki di Kantor Kemenko Maritim, Jumat (3/1).

Basuki menjelaskan ia mengerahkan timnya untuk bisa mempercepat pembangunan bendungan ini. "Mudah mudahan akhir tahun sudah selesai," tambah Basuki.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa penanganan banjir yang mendera Jakarta dan wilayah sekitarnya terkait erat dengan penyelesaian pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sejauh ini, pihak-pihak terkait belum satu suara soal kapan pembangunan dua bendungan tersebut selesai.

Balai Besar wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menegaskan, akan mengupayakan penyelesaian pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi selekasnya. Dengan demikian, air kiriman dari Bogor ke DKI Jakarta dapat ditampung dan dikendalikan dari dua bendungan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement