Jumat 03 Jan 2020 08:46 WIB

Kemensos Salurkan Rp 4,8 Miliar Bagi Korban Banjir

Mensos mengalokasikan bantuan Rp 4,8 miliar bagi korban banjir tiga provinsi.

Pascabanjir di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Kemensos mengalokasikan bantuan Rp 4,8 miliar bagi korban banjir tiga provinsi.
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Pascabanjir di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Kemensos mengalokasikan bantuan Rp 4,8 miliar bagi korban banjir tiga provinsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Juliari P Batubara memastikan semua korban banjir di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten ditangani dengan baik. Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial, BPBD, dan Basarnas untuk melakukan evakuasi terhadap korban serta menampung mereka di tempat pengungsian.

Selain menyerahkan bantuan, Kementerian Sosial juga mengerahkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) ke sejumlah titik untuk membantu evakuasi korban. Juliari mengatakan, Kementerian Sosial juga telah menyiapkan sejumlah lokasi penampungan para pengungsi dan dapur umum, seperti Panti Sosial Bina Netra (PSBN) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Universitas Borobudur di Jalan Raya Kalimalang.

Baca Juga

"Sebanyak tujuh KSB juga disiapkan, seperti KSB Cilandak Timur, KSB Cilincing, dan KSB Rawajati," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Di samping itu, Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan senilai Rp 4,8 miliar bagi korban banjir. Dana itu dialokasikan Rp 1,9 miliar untuk Provinsi DKI Jakarta, Rp 1,5 miliar untuk Provinsi Jawa Barat, dan Rp 720 juta untuk Provinsi Banten.

Kementerian Sosial mencatat jumlah korban meninggal dunia akibat banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) 30 orang. Juliari mengatakan, ahli waris dari 30 korban jiwa tersebut akan mendapatkan santunan dari pemerintah Rp 15 juta setiap jiwa.

"Semua ahli waris korban akan mendapatkan santunan sebesar 15 juta rupiah," katanya saat mengunjungi lokasi banjir di Taman Harapan, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (2/1).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement