Senin 30 Dec 2019 14:03 WIB

Menkominfo Siapkan Jaringan Telekomunikasi Aman Mandiri

Jaringan telekomunikasi itu terkait pertahanan dan keamanan.

Menkominfo Siapkan Jaringan Telekomunikasi Aman Mandiri. Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menkominfo Siapkan Jaringan Telekomunikasi Aman Mandiri. Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebutkan pemerintah sedang menyiapkan jaringan telekomunikasi yang aman dan mandiri untuk jangka panjang. "Kita mau membangun suatu jaringan taktikal nasional secara khusus. Tetapi, ini panjang sekali," katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (30/12).

Johnny menyampaikannya usai melakukan Rapat Paripurna Tingkat Menteri (RPTM) mengenai Jaringan Aman Mandiri yang dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD. Ia mengakui, perlu ada penelitian dan koordinasi dengan semua kementerian dan lembaga untuk menyiapkan jaringan telekomunikasi yang aman dan mandiri.

Baca Juga

Hal itu termasuk menjadikan jaringan telekomunikasi yang aman dan mandiri sebagai kebijakan pemerintah dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) atau dalam bentuk program lainnya. "Ini baru diskusi tahap pertama. Masih disusun perencanaannya karena ini satu yang sangat jangka panjang dan strategis," katanya.

Ia menjelaskan jaringan telekomunikasi itu terbagi dua, yakni terkait pertahanan dan keamanan. Kedua, terkait pelayanan pemerintahan dan operasional.

Johnny mengatakan, idealnya jaringan telekomunikasi itu buatan sendiri agar mandiri dan benar-benar terjamin keamanannya. "Kalau belum bisa buatan sendiri, gimana untuk menjaga keamanan dan sekuriti negara. Itu kan harus diatur dengan baik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement