Senin 30 Dec 2019 07:23 WIB

KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 823 Ribu Penumpang

Lebih sari separuh jumlah itu adalah pengguna KA jarak jauh

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah
Calon penumpang memadati Stasiun Gambir Jakarta (ilustrasi)
Foto: Thoudy Badai_Republika
Calon penumpang memadati Stasiun Gambir Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,

KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 823 Ribu Penumpang

Baca Juga

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menetapkan masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung selama 18 hari, terhitung mulai 19 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020. Hingga Ahad (29/12), PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat telah memberangkatkan sekitar 823.191 penumpang perjalalan KA jarak jauh dan KA lokal.

"Adapun selama 11 hari berjalan masa Nataru, Daop 1 Jakarta telah memberangkatkan sekitar 823.191 penumpang untuk perjalanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui keterangan tertulisnya, Senin (30/12).

Eva mengatakan, dari jumlah tersebut 506.771 penumpang merupakan penggguna KA jarak jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota serta stasiun lainnya yang melayani naik penumpang KA jarak jauh seperti Bekasi, Karawang dan Cikampek. Menjelang libur tahun baru, PT KAI Daop 1 Jakarta 1 optimistis secara kumulatif volume penumpang akan terus meningkat.

Eva menyebutkan, selama masa angkutan Nataru kali ini, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan sebanyak 847.586 ketersediaan tempat duduk untuk perjalanan kereta api (KA) jarak jauh. Dari total ketersediaan tempat duduk itu, hingga kini 649.880 di antaranya atau sekitar 77 persen tempat duduk telah terjual.

Adapun selama 18 hari masa Nataru, PT KAI Daop 1 Jakarta menargetkan dapat mengangkut hingga 820 ribu penumpang untuk keberangkatan KA jarak jauh. Jumlah tersebut meningkat sekitar delapan persen dibandingkan program volume Nataru tahun lalu yakni sebanyak 760 ribu penumpang.

Untuk mendukung masa angkutan Nataru 2019/2020 PT KAI Daop 1 juga memberangkatkan 13 KA tambahan per hari. Dari jumlah tersebut delapan KA di antaranya keberangkatan Stasiun Gambir dan lima KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen.

Kesiapan juga dilakukan melalui penambahan petugas ekstra di berbagai bagian. Dari sisi keamanan terdapat penambahan petugas sebanyak 244 personil dari TNI/Polri yang dilengkapi dengan K9 khusus untuk Stasiun Besar Gambir dan Pasar Senen.

Eva melanjutkan, dari sisi pelayanan dilakukan penambahan petugas ekstra sebanyak 30 personil Costumer Service Mobile (CSM) dan 80 petugas informasi dari komunitas KA yang akan tersebar di sejumlah titik. Hal itu dilakukan  dengan membantu memberikan informasi sesuai kebutuhan penumpang.

Sementara untuk memastikan keselamatan dan keamanan operasional KA, sekitar 179 petugas ekstra yang terdiri atas petugas pemeriksa jalur, penjaga titik rawan, dan penjaga perlintasan juga ditempatkan di berbagai lokasi. Untuk layanan kesehatan penumpang, sekitar 32 petugas medis ditempatkan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Cikampek dan Sukabumi.

Eva menambahkan, layanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk pengecekan umum seperti kolesterol, gula darah dan asam urat. Layanan ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 30 Desember 2019 di Stasiun Pasar Senen dan 31 Desember 2019 di Stasiun Gambir mulai pukul 13.00 WIB.

"Melalui sejumlah upaya yang dilakukan, diharapkan angkutan Nataru 2019/2020 di area Daop 1 Jakarta dapat berjalan dengan lancar dan pelayanan penumpang dapat terlaksana dengan baik," kata Eva.

Ia menuturkan, informasi perjalanan Kereta Api dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero). Masyarakat dapat menggunakan aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan [email protected], dan Sosial media @keretaapikita.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement