Sabtu 28 Dec 2019 08:53 WIB

Seekor Ular Masuk Ke Rumah Warga di Kabupaten Bandung

Petugas Damkar serahkan ular jenis weling ke komunitas pecinta satwa

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bandung mengevakuasi ulang jenis weling dari rumah warga
Foto: Damkar Bandung
Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bandung mengevakuasi ulang jenis weling dari rumah warga

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Seekor ular jenis Weling berukuran kecil memasuki rumah seorang warga di Jalan Cicukang Indah Raya, Margahayu, Kabupaten Bandung, Jumat (27/12) malam. Beruntung, ular tersebut langsung dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Bandung.

Petugas Damkar Kabupaten Bandung, Bima mengatakan pihaknya mendatangi rumah warga yang kemasukan ular sekitar pukul 20.20 Wib dan berhasil mengevakuasi sekitar 21.45 Wib. Sebanyak satu unit tim rescue diterjunkan dalam proses evakuasi.

"Ularnya satu jenis Weling," ujarnya, Sabtu (28/12). Menurutnya, di dalam rumah tersebut dihuni 5 orang jiwa.

Ia mengungkapkan, petugas melakukan proses evakuasi dengan cara memasukan ular ke dalam botol. Kemudian dilanjutkan dengan proses sosialisasi kepada warga tentang kewaspadaan meningkatnya jumlah laporan ular.

Sebelumnya, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung telah menemukan sejumlah ular jenis Kobra, Sanca dan Piton yang berada di kawasan perkantoran dan pemukiman. Jumlah ular Kobra yang ditemukan lebih dominan dibandingkan lainnya.

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Dadang Iriana mengaku masih mendata ular-ular yang berhasil diamankan. Sehingga jumlahnya masih belum bisa disebutkan secara pasti. Katanya, kemunculan ular di pemukiman atau perkantoran diperkirakan terbawa arus air sungai dan saluran terbuka lain.

"Sekarang, sehari ini kami dapat dua laporan temuan ular di Cisokan dan Panyileukan," ujarnya. Ia mengaku tidak mengetahui ular tersebut berasal darimana. Namun diperkirakan terbawa arus aliran sungai yang tengah tinggi akibat hujan deras yang berlangsung.

Beberapa hari lalu, menurutnya pihak Diskar PB mendapatkan laporan mengenai temuan ular kobra sepanjang 1,7 meter. Dadang menambahkan, banyak menerima laporan dari warga tentang temuan ular jenis kobra.

Ia mengatakan, seluruh ular yang berhasil ditemukan dan diamankan langsung diserahkan ke komunitas pecinta satwa. Namun katanya beberapa diantaranya terdapat warga yang membunuh ular.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement