Ahad 13 Nov 2022 10:03 WIB

Kemunculan Ular Kobra di Sebuah Sumur Gegerkan Warga Dramaga Bogor

Habitat ular kobra dinilai terdesak oleh aktivitas manusia.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andri Saubani
Ular Kobra (Ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ular Kobra (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Seekor ular kobra muncul di sumur milik warga di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Hal itu pun membuat geger para penghuni rumah.

 

Baca Juga

"Ular kobra tepat di atas sumur dalam rumahnya," kata petugas Regu 1 Sektor Ciomas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, Dodi Efendi, dalam keterangannya, Ahad (13/11/2022).

Lebih lanjut, Dodi menyebutkan, ular tersebut muncul pada Sabtu (12/11/2022) sore. Setelah melihat ular tersebut, sang pemilik rumah segera melaporkan ke petugas Damkar untuk dievakuasi.

 

"Warga kemudian menghubungi kantor Damkar Sektor Ciomas," ujarnya.

 

Dodi mengatakan, petugas menduga banyaknya tumpukan barang di ruangan itu mengundang hewan pengerat, sehingga ular pun masuk. Diketahui, saat itu warga hendak membersihkan ruangan tersebut.

"Dia lagi beberes ruangan sumur," ucap Dodi.

Petugas Damkar kemudian tiba di lokasi sekitar pukul 18.20 WIB Petugas langsung mengevakuasi ular di dalam ruangan sumur tersebut.

"Situasi akhir kondusif, evakuasi dilakukan selama 15 menit mulai dari pukul 18.20-18.35 WIB," jelasnya.

Terpisah, Kasie Penyelamatan pada Damkar Kabupaten Bogor, Asan, menyebutkan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab hewan melata masuk ke pemukiman warga. Di antaranya, yakni habitatnya yang terdesak oleh aktivitas manusia.

 

“Yang sekarang jadi pemukiman, dahulunya  adalah bisa jadi hutan dan perkebunan  yang merupakan habitat mereka,” jelas Asan.

Lebih lanjut, Asan mengatakan, ular merupakan satwa liar yang paling dekat dan sering berada di sekitar manusia. Banyaknya ular di sekitar juga disebabkan karena saat ini sudah memasuki musim ular menetas.

Di samping itu, Asan mengimbau warga untuk tidak panik ketika ada ular masuk ke dalam rumah. Diusahakan, warga bisa menganalisa terlebih dahulu apakah ular bisa diusir, atau meminta tolong terhadap tim penyelamat.

“Kalau usir ular dengan alat seperti sapu dulu kalau ada, tapi jangan dipegang ularnya. Kemudian telepon rescue sambil pantau ularnya,” tutupnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement