Kamis 26 Dec 2019 19:26 WIB

Kapolda Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Liburan Akhir Tahun

Kapolda Jateng juga mengecek kesigapan dari tim penembak jitu.

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Teguh Firmansyah
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel turun ke lapangan sambangi sejumlah pos pengamanan dan pos pemantauan.

Kapolda beserta Ketua Bhayangkari Polda Jawa Tengah dan rombongan melaksanakan pengecekan di beberapa lokasi di wilayah ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini, pada Rabu (25/12) malam. Ia ingin memastikan pelaksanan aktivitas liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kota Semarang aman.

Baca Juga

Turut serta dalam rombongan Dirlantas dan Kabid Humas Polda Jawa Tengah. Kunjungan rombongan diawali di Pos Pengamanan, Simpang Lima dan bertutut- turut ke Gereja Katedral dan Pos Pengamanan tempat wisata Kota Lama.

Pada kesempatan ini, Kapolda Jawa Tengah mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, khususnya yang melaksanakan pada libur panjang Nataru di Kota Semarang.

Meskipun ibadah Natal sudah selesai, namun kewajiban jajaran Polda Jawa Tengah untuk melaksanakan tugas pengamanan tetap harus dilaksanakan, melalui Operasi Lilin Candi 2019 yang efektif dilaksanakan sejak 23 Desember 2019 hingga 3 Januari 2020.

“Malam ini kami mengecek pasukan yang siaga melakukan pengamanan, termasuk kesiap siagaan para penembak jitu yang sudah ditempatkan di titik- titik tertentu,” ungkap Kapolda, Kamis (26/12) dni hari.

Kapolda juga menyampaikan, pengecekan Pos Pengamanan dan sejumlah Pos Pemantauan dilakukan selain untuk memantau kesigapan juga memberikan dukungan moral kepada para personel yang melalukan tugas pengamanan Natal dan malam tahun baru di Kota Semarang.

Secara umum, lanjutnya, pelaksanaan Natal di wilayah Jawa Tengah dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. “Ini menunjukkan toleransi dan kerukunan umat beragama di Jawa Tengah sangat bagus,” jelasnya.

Sementara itu, pada Rabu malam, sejumlah pusat keramaian di wilayah Kota Semarang memang menjadi tujuan warga dan para pendatang yang melaksanakan liburan akhir tahun di Jawa Tengah.

Salah satunya di kawasan Kota Lama Semarang. Kawasan khusus yang kini dikembangkan sebagai destinasi wisata heritage di Kota Semarang ini ramai dikunjungi sejak Rabu sore hingga menjelang tengah hari.

Umumnya mereka datang bersama keluarga untuk menikmati suasana malam di kawasan Kota Lama. Seperti halnya yang dilakukan oleh keluarga Sanusi (52) pengunjung asal Bandung, Jawa Barat.

Menurutnya, salah satu tujuan wisata di Kota Semarang ini sekarang cukup nyaman untuk menikmati suasana Kota Semarang di malam hari. Selain lebih bersih, kawasan ini juga semakin tertata bagus. “Konsisinya sudah jauh lebih baik, dibandingkan saat saya pernah berkunjung beberapa tahun silam,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement