Rabu 25 Dec 2019 21:36 WIB

Kendaraan Menuju Jakarta Dominasi Tol Jakarta-Cikampek

Volume kendaraan dari Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah masih tinggi.

Kendaraan Menuju Jakarta Dominasi Tol Jakarta-Cikampek. Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Kendaraan Menuju Jakarta Dominasi Tol Jakarta-Cikampek. Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat kendaraan menuju Jakarta mendominasi di ruas Tol Jakarta-Cikampek saat perayaan Natal 2019.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin melalui keterangan tertulis mengatakan volume kendaraan dari Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah juga masih cukup tinggi.

Baca Juga

"Tadi pagi terjadi perlambatan pada KM 48A arah timur," kata Benyamin, Rabu (25/12).

Benyamin menuturkan petugas memberlakukan contraflow pada pagi hari selama satu-dua jam guna mengurai kepadatan lalu lintas akibat pertemuan kendaraan dari jalur Japek Elevated dengan jalan utama. Ia menyebutkan kepadatan juga terjadi di KM 50 dan KM 57 karena tempat istirahat. Namun, setelah titik tersebut, lalu lintas berjalan lancar.

Berdasarkan pantauannya, pergerakan kendaraan dari Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah yang melintasi jalur Tol Cikampek masih tinggi karena masyarakat memanfaatkan untuk berlibur ke kampung halaman. Benyamin menyatakan kondisi arus lalu lintas di Tol Cikampek-Jakarta kembali normal sekitar pukul 12.00 WIB lantaran petugas siap siaga memberlakukan contraflow.

Namun, pada pukul 15.00 WIB, kendaraan dari arah timur menuju Jakarta mulai ramai di KM 48B jalur Tol Elevated dan jalur utama tol. Benyamin memastikan petugas kepolisian tetap akan siaga mengatur arus lalu lintas menuju arah Jakarta dan sebaliknya.

Pada masa libur Tahun Baru 2020, Benyamin memprediksi tidak akan terjadi kepadatan karena masyarakat telah mengambil liburan saat Natal. "Kami konsentrasi pengamanan di titik objek wisata," ujar Benyamin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement