Rabu 25 Dec 2019 15:40 WIB

Pantai Selatan Sukabumi Dipadati Wisatawan

Jumlah wisatawan di pantai selatan Sukabumi diperkirakan terus bertambah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini
Ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6).
Foto: dok. Balawista Sukabumi
Ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Momen libur Natal dimanfaatkan warga untuk berlibur ke sejumlah obyek wisata. Salah satunya obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

‘’Semua obyek wisata pantai di selatan Sukabumi dipadati pengunjung,’’ ujar Kepala Diviisi Operasional dan SDM, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh, Rabu (25/12). Pengunjung tidak hanya dari domestik Sukabumi saja melainkan dari luar daerah seperti Bogor dan daerah sekitarnya.

Baca Juga

Menurut Edom, lokasi wisata yang didatangi mulai wisata pantai hingga air terjun di kawasan Geopark Ciletuh. Ia mengatakan para wisatawan tersebut ada yang datang sebelum dan saat Natal.

Diperkirakan jumlah wisatawan akan terus bertambah banyak hingga tahun baru mendatang. Sebab, banyak warga yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun di wisata pantai selatan Sukabumi.

Edom menuturkan, petugas Balawista dan instansi terkait lainnya siap menjaga kawasan pantai dari kasus kecelakaan laut. Petugas ditempatkan di sejumlah lokasi atau pos yang ditentukan.

Pada Rabu hari ini, petugas berhasil menyelamatkan dua orang wisatawan asal Bogor yang tenggelam di Pos Sanset Kapitol, Palabuhanratu. Keduanya adalah Agung (17 tahun) dan Kusnandar (35 tahun) warga Bogor. Kini keduanya sudah mendapatkan perawatan di RSUD Palabuhanratu.

Sebelumnya, seorang anak berusia lima tahun meninggal dunia karena tenggelam di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/12). Dia diduga luput dari pengawasan orangtua ketika berenang di pinggiran pantai.

Data yang diperoleh menyebutkan, korban yang meninggal dunia tersebut adalah Apip Pratama (5 tahun) warga Kampung Cibarehong RT02 RW 04 Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa sekitar pukul 14.45 WIB.

‘’Informasi dari kecamatan menyebutkan kejadian laka laut terjadi di Pantai Wisata Minajaya Desa Buniwangi, Surade, Kabupaten Sukabumi,’’ ujar Koordinator Forum Koordinas SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Pajri kepada wartawan, Rabu (25/12). Korban datang ke lokasi wisata pantai bersama dengan keluarganya.

Menurut Okih, korban bermain di pantai sementara ibunya mengawasi dari saung gazebo yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi korban. Namun tiba tiba ada yang memberitahukan bahwa korban kelihatan dalam keadaan telungkup tidak bergerak di permukaan air.

Selanjutnya, kata Okih, ibu dan warga sekitar mendatangi korban dan menemukan kondisi Apip sudah meninggal dunia. Korban akhirnya dibawa ke puskesmas terdekat dan selanjutnya dibawa ke RSUD Jampang Kulon untuk dilakukan tindakan visum

Petugas, kata Okih, mengimbau pengunjung agar berhati-hati dalam berwisata di pantai. Hal itu terutama dalam mengawasi anak-anaknya yang bermain di pantai untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut seperti tenggelam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement