Selasa 24 Dec 2019 05:09 WIB

Blok A Pasar Klungkung Diplot Sebagai Pusat Endek di Bali

Kabupaten Klungkung merupakan pusat produk endek yang sudah dikenal luas sejak lama.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (kanan) saat memperkenallan Pasar Seni Samarapura.
Foto: Dok. Ist
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (kanan) saat memperkenallan Pasar Seni Samarapura.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Diresmikannya Blok A Pasar Seni Semarapura oleh Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta akhir pekan lalu membuat tujuannya menjadi kepala daerah terwujud. Dia mengatakan, sebelum peresmian, ia bersama OPD sering melakukan studi banding ke Jawa Timur, Jawa Tengah maupun Kabupaten/Kota yang lain demi membangun pasar seni yang modern. Pasar seni ini juga sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan/ac dan ekskalator. 

 

"Setelah melakukan studi banding, saya langsung mengajak jajaran OPD untuk bersama-sama membangun Pasar Seni ini dan akhirnya sekarang mimpi itu menjadi kenyataan," ujar Suwirta dalam keterangan resmi kepada media, Senin (23/12).

 

Suwirta menambahkan, Kabupaten Klungkung merupakan pusat produk endek yang sudah dikenal luas sejak lama, sehingga tempat ini akan terus ramai untuk promosi produk-produk lokal kain tenun khusus khas dari Klungkung. "Biasanya ibu-ibu pejabat dari Jakarta dan daerah lain, kalau ke Bali dan mau beli endek, pasti datang ke pasar seni Klungkung ini," ujar Suwirta.

 

Ketua Deskranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengucapkan selamat atas diresmikannya Pasar Seni Blok A Semarapura ini. Menurut dia, Pasar Blok A ini bisa menjadi ikon pusat pasar Seni di Bali khususnya di Kabupaten Klungkung. "Semoga pasar seni ini menjadi iconnya Klungkung," ujarnya

 

Selain itu, Putri Suastini Koster mengatakan, setelah berkeliling melihat satu per satu kios pedagang,  ia sangat terkesan begitu bagusnya kain-kain tenun, rangrang dan endek yang ada di pasar tersebu. Menurut dia, produk-produk hasil seni lokal ini harus dijaga dan dilestarikan agar bisa menarik pengunjung lokal maupun wisatawan luar negeri.

 

"Melalui peresmian ini mari kita bersama-sama cintai dan tetap lestarikan produk kita sendiri," ujar Putri Suastini Koster.

 

Dalam Peresmian tersebut juga diisi acara Fashion Show yang dibuka oleh Putri Suastini Koster.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement