Senin 23 Dec 2019 07:10 WIB

Ada Longsor, Perjalanan KA Bogor-Sukabumi Terganggu

Longsor terjadi di sekitar Kecamatan Cigombong, Bogor.

Kondisi jalur kereta api jurusan Sukabumi-Bogor yang long story (foto illustrasi) .
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kondisi jalur kereta api jurusan Sukabumi-Bogor yang long story (foto illustrasi) .

REPUBLIKA.CO.ID, CIGOMBONG -- Perjalanan Kereta Api (KA) jurusan Bogor-Sukabumi maupun sebaliknya terganggu. Gangguan tersebut akibat terjadinya longsoran di sekitar Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Ahad (22/12) petang.

"PT KAI Daop 1 Jakarta memohonmaaf atas gangguan perjalanan KA Pangrango lintas Bogor - Sukabumi dampak cuaca buruk yang mengakibatkan bencana longsor di KM 17+400 jalur KA antara Stasiun Maseng - Cigombong," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga

Menurut dia, bencana longsor tersebut membuat beberapa KA batal beroperasi demi keselamatan. Seperti KA Pangrango (229) dengan relasi Sukabumi-Bogor yang masih beroperasi pada saat kejadian, terpaksa dibatasi hanya sampai Stasiun Cigombong, sedangkan lintas Cigombong-Bogor dibatalkan. Selanjutnya, KA Pangrango (230) lintas Bogor-Cigombong dibatalkan, sehingga perjalanan yang tersedia hanya sampai Cigombong-Sukabumi.

Eva mengatakan, atas pembatalan beberapa perjalanan tersebut, penumpang KA Pangrango (229) tujuan Bogor, biaya tiket dikembalikan 100 persen. Begitu pula sebaliknya, bagi penumpang KA Pangrango (230) dari Bogor tujuan Sukabumi, sehubungan relasi KA hanya Cigombong-Sukabumi maka biaya tiket dikembalikan 100 persen.

"Saat ini petugas prasarana PT KAI Daop 1 bekerjasama dengan Satker DJKA Kemenhub terus mengupayakan percepatan perbaikan jalur rel yang terdampak longsor agar perjalanan KA dapat kembali dilakukan," kata Eva.

Ia menyebutkan, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau untuk sementara waktu pengguna jasa dapat menggunakan moda transportasi lain. "Untuk Informasi perjalanan KA masyarakat dapat mengetahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan [email protected] dan Sosial media @keretaapikita," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement