Sabtu 21 Dec 2019 14:03 WIB

Tangsel Siapkan Lima Posko Pelayanan di Perayaan Nataru

Pengendara yang kelelahan saat mengemudi dapat istirahat di lima posko di Tangsel

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Christiyaningsih
Pengendara yang kelelahan saat mengemudi dapat istirahat di lima posko di Tangsel dan mendapat perawatan tim medis. Ilustrasi.
Foto: Antara/Rony Muharrman
Pengendara yang kelelahan saat mengemudi dapat istirahat di lima posko di Tangsel dan mendapat perawatan tim medis. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN — Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan saat berkendara. Berkaca pada tahun sebelumnya, sejumlah pengendara kelelahan saat mengemudi. Jika merasa kelelahan, pengendara bisa berhenti dan beristirahat di posko pelayanan yang telah disediakan di lima titik.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Deden Deni mengatakan, saat momen Natal dan Tahun Baru  (Nataru) pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat akan lebih meningkat di hari biasa. "Jadi kami mengimbau buat masyarakat, jangan memaksakan diri melaksanakan perjalanan saat kondisi tidak fit," ujar Deden, Jumat (20/12).

Baca Juga

Menurutnya Tangsel telah menyiapkan tiga tenaga medis bersiaga di lima posko yang didirikan untuk mengamankan perayaan tersebut. "Saat ini kita sediakan ada di lima posko di beberapa titik. Masing-masing ada tiga petugas medis dan ambulans di situ yang bersiaga," ucap Deden.

Lima posko itu berada di Posko German Centre Jalan Pahlawan Seribu, Serpong, Tangsel. Kemudian Posko Giant Bintaro Jalan Boulevard Raya, Bintaro Sektor VII, Pondok Aren, Tangsel.

Selanjutnya, Posko Kolong Flyover Ciputat Jalan Dewi Sartika, Ciputat, Tangsel, Posko Pamulang Square Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel dan Posko Perempatan Muncul Jalan Raya Puspiptek, Setu, Tangsel.

Nantinya para petugas medis dari puskesmas akan memberikan perawatan para pengendara yang kelelahan. "Selain tenaga, peralatan dan obat-obatan dipastikan tercukupi," ujarnya.

Tenaga medis akan disiagakan sampai pukul 22.00 WIB. Sedangkan pada hari Natal dan Tahun Baru akan disiagakan 24 jam. "Kita sudah koordinasikan tidak hanya dengan rumah sakit pemerintah, tapi juga rumah sakit swasta yang terdekat dari posko," ujar Deden.

Jika terjadi kecelakaan di lokasi yang jauh dari posko, masyarakat diimbau untuk menghubungi nomor darurat 112. "Dengan menghubungi nomor darurat 112, segera akan mendapat pelayanan secepatnya," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement