Selasa 17 Dec 2019 19:10 WIB

Kecamatan Cipayung Dicanangkan Jadi Pusat IKM Depok

Industri konveksi di Cipayung sudah terbentuk sejak lama.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Industri konveksi di Cipayung sudah terbentuk sejak lama. Foto: Industri konveksi.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Industri konveksi di Cipayung sudah terbentuk sejak lama. Foto: Industri konveksi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --  Kecamatan Cipayung dicanangkan menjadi pusat Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Depok oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok. Sudah sejak 2010, wilayah Kampung Bulak Timur, Kecamatan Cipayung menjadi sentra industri konveksi.

"Pertumbuhan penduduk diiringi dengan perkembangan ekonomi yang pesat di Kecamatan Cipayung, menjadikan wilayah tersebut maju secara ekonomi. Sudah sejak lama sudah terbangun sentra industri konveksi di wilayah Kampung Bulak Timur, Kecamatan Cipayung," ujar Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti usai Pencanangan Klaster Sentra Industri Cipayung, di Kantor Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Selasa (17/12).

Baca Juga

Kania mengutarakan, Kecamatan Cipayung sudah memiliki potensi dan pihaknya memberikan dukungan dan bantuan dalam bentuk modal atau pemasaran. Menurutnya, menggali potensi baru lebih sulit.

"Kecamatan Cipayung ini sudah memiliki potensi, tinggal kita kembangkan. Mudah-mudahan dengan pendampingan ini, bisa meningkatkan ekonomi dan daya saing di dunia industri konveksi," ucap dia.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mendukung Kecamatan Cipayung menjadi pusat IKM Kota Depok. Menurutnya, sentra IKM ini, memiliki nilai yang berpengaruh terhadap masyarakat, khususnya warga asli yang benar-benar membangun sentra ini dari nol.

"Ini merupakan tahapan dari pemberdayaan IKM di Kecamatan Cipayung," terangnya.

Menurut Idris, keberadaan sentra industri tersebut akan memberi dampak yang baik terhadap pembangunan ekonomi. Serta bisa menekan angka inflasi di Kota Depok. "Butuh kerjasama semua pihak untuk menjadikan sentra industri ini terus eksis dan berkembang. Jika terus mengalami peningkatan, maka inflasi di Kota Depok bisa termonitor bahkan turun," jelasnya.

Camat Cipayung Asep Rahmat menyambut baik pencanangan dan pembinaan sentra industri di Kampung Bulak Timur, Kecamatan Cipayung. Hal ini dinilai bisa berdampak pada eksistensi dan perkembangan sentra industri yang bergerak di bidang konveksi.

"Alhamdulillah, pelan tapi pasti perkembangan sentra industri Kampung Bulak Timur yang sudah berdiri sejak 2010 ini semakin meningkat. Dari yang awalnya milik individu, saat ini mulai dikelola Disdagin Kota Depok. Semoga akan dapat membantu perekonomian masyarakat," harapnya.

Dia menambahkan, pencanangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan daya saing di dunia konveksi. Serta memudahkan pelaku usaha dalam menjangkau pasar industri yang lebih besar.

"Selain Disdagin, pencanangan ini juga melibatkan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok dari sektor pariwisata. Diharapkan, sentra industri ini bisa menarik wisatawan untuk berkunjung dan membeli produk asli Kota Depok," ungkap Asep.

Lanjut Asep, Disdagin Kota Depok berupaya mengembangkan potensi sentra konveksi dalam bentuk pendampingan hingga fasilitas pemasaran atau e-commerce. "Tentunya, ini menjadi angin segar terhadap kemajuan industri di Kampung Bulak Timur, Kecamatan Cipayung," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement