Selasa 17 Dec 2019 09:53 WIB

Natal Tahun Baru, Pelindo I Tingkatkan Pelayanan

Pelindo I juga mempersiapkan Posko Bersama yang berperasional 24 jam.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda
Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan milik Pelindo 1
Foto: dok. Pelindo 1
Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan milik Pelindo 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) memprediksi akan ada kenaikan penumpang saat periode Natal dan Tahun Baru 2019/2020. Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I Syahputera Sembiring memastikan akan meningkatkan pelayanan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. 

Syahputera mengatakan peningkatan layanan dan operasional tersebut dilaksanakan secara menyeluruh. "Ini mulai dari segala sisi baik kesiapan SDM, fasilitas, pelayanan kapal, pelayanan penumpang, sarana dan prasarana, serta aspek lainnya," kata Syahputera, Selasa (17/12). 

Baca Juga

Dia memastikan hal tersebut akan dilakukan di seluruh pelabuhan yang dikelola Pelindo I. Pelabuhan tersebut yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkalis, dan Sei Kolak Kijang.

Syahputera memprediksi lonjakan penumpang akan berlangsung mulai besok (18/12) hingga 8 Januari 2020. "Kami secara intensif berkoordinasi dengan Tim Terpadu Pelayanan dan Monitoring," jelas Syahputera.

Koordinasi tersebut dilakukan dengan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kesehatan Pelabuhan. Dia memastikan dengan koordinasi tersebut dapat memantau kelancaran angkutan arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

photo
GM Pelindo I Cabang Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Aulia Rahman Hasibuan (kiri) berbincang melihat progres Terminal Penumpang Teluk Nibung, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan Menejer Bisnis dan Teknik Khairul Tampubolon (tengah) dan VP Public Relations Fiona Sari Utami (kanan) , di Tanjungbalai, Sumatera Utara, belum lama ini.

Dia menambahkan, Pelindo I juga mempersiapkan Posko Bersama yang berperasional 24 jam. "Poako ini untuk mendukung kelancaran layanan operasional selama periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 tersebut," ungkap Syahputera. 

Pelindo I mencatat pada musim angkutan Natal dan Tahun Baru 2018/2019 jumlah penumpang yang naik turun kapal melalui delapan pelabuhan yang dikelola Pelindo 1 sekitar 503.480 penumpang. Angka tersebut mengalami kenaikan 27 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya yang sekitar 395.839 penumpang.

Angka penumpang tertinggi terlihat di Pelabuhan Tanjungpinang mencapai 182.619 orang. Angka tersebut naik sekitar 31 peraen dari periode angkutan Natal dan Tahun Baru sebelumnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement