Senin 16 Dec 2019 19:19 WIB

Dirlantas Waspadai Pasar Tumpah Menuju Merak Saat Nataru

Petugas akan diletakkan di pasar tumpah menuju Pelabuhan Merak.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas akan diletakkan di pasar tumpah menuju Pelabuhan Merak. Foto: Sejumlah kendaraan pemudik dari Sumatera meninggalkan kapal roro di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Ahad (9/6/2019).
Foto: Antara/Dziki Oktomauliyadi
Petugas akan diletakkan di pasar tumpah menuju Pelabuhan Merak. Foto: Sejumlah kendaraan pemudik dari Sumatera meninggalkan kapal roro di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Ahad (9/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Laluintas (Dirlantas) Polda Banten, Kombes Pol Wibowo mengatakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas saat libur natal dan tahun baru (Nataru) dilakukan serupa dengan saat angkutan mudik. Dengan sinergi bersama ASDP, BPTD hingga Dishub, ia mengharapkan kondisi saat nataru bisa kondusif.

Wibowo menyoroti pasar tumpah yang berpotensi menimbulkan kemacetan di jalan menuju Pelabuhan Merak. Penempatan petugas di titik-titik rawan terjadi pasar tumpah juga menurutnya akan dilakukan untuk membuat lalin menjadi lebih kondusif.

"Penanganan pasar tumpah seperti di Pasar Kamis, Tambak, Ciruas sudah kita tempatkan personel. Atau kalau perlu juga aaakan kita adakan rekayasa Lalin walaupun sampai sekarang itu belum pernah kami lakukan. Sementara akan kita lakukan kanalisasi dulu supaya kendaraan itu tidak ngetem di bahu jalan khususnya kendaraan angkot," kata dia.

Sementara Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir mengatakan jelang Nataru pengamanan di berbagai Objek Vital sudah direncanakan. Ia menyebut bahwa pihaknya akan akan mengerahkan sekitar 900 personel untuk memastikan keamanan di wilayah Banten.

“Akhir tahun ini objek wisata di Banten sudah mulai ramai dikunjungi sejak kejadian tsunami tahun lalu. Oleh karena itu pengamanannya akan kita tingkatkan, terlebih lagi sekarang Banten mempunyai lokasi wisata baru yang di Citorek,” katanya.

Menurut Tomsi, jajaran Polda Banten juga terus mewaspadai ancaman teroris terutama saat Natal dan Tahun Baru 2020. "Kalau berkaitan dengan itu (terorisme) antisipasi tetap, kita dibantu densus 88. Beberapa waku lalu penangkapan di sini juga berlangsung dengan baik,"tegasnya

Kapolda memastikan pelaksanaan kegiatan warga Banten pada akhir tahun 2019 bisa berjalan dengan aman dan lancar. Apalagi pihaknya telah melakukan evaluasi pelaksanaan pengamanan natal dan tahun baru sebelumnya.

“Jadi pengamanan natal dan tahun baru yang pertama kita evaluasi tahun lalu berkaitan dengan pengamanan-pengamanan tempat ibadah, lalu lintas jalan, angkutan penyebarangan dan tempat wisata. Prediksi kita akan berlangsung dengan baik dan kekurangan-kekurangan tahun lalu sudah kita perbaiki semuanya, baik simpul kemacetan, penyeberangan, tiketing," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement