Senin 16 Dec 2019 05:23 WIB

Menteri PUPR Sorot Kualitas Layanan Jalan Tol dan Rest Area

Menteri PUPR dorong BUJT tingkatkan kualitas jalan tol, termasuk rest area-nya.

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Batang-Semarang, Batang, Jawa Tengah. Menteri PUPR mendorong BUJT tingkatkan kualitas layanan jalan tol, termasuk rest area-nya.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Batang-Semarang, Batang, Jawa Tengah. Menteri PUPR mendorong BUJT tingkatkan kualitas layanan jalan tol, termasuk rest area-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan atau PUPR Basuki Hadimuljono meminta Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT agar terus meningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan. Ia mengatakan bahwa peningkatan tersebut harus dilakukan mengingat kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

"Lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya, tetapi juga rest area-nya," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Ahad.

Baca Juga

Kualitas Tempat Istirahat dan Pelayanan atau TIP (rest area), menurut Basuki, secara menyeluruh harus mampu memberikan layanan bagi pengguna dalam beberapa aspek utama, yakni kenyamanan, kerapihan atau kualitas lingkungan. Kelengkapan fasilitas, termasuk memenuhi fasilitas kesetaraan gender bagi kaum difabel, orang lanjut usia, wanita, dan anak-anak, juga diperlukan.

Basuki mengingatkan, TIP juga harus memenuhi aspek keberlanjutan yang sesuai dengan kriteria dalam Permen PUPR No.10 Tahun 2014 dan Permen PUPR No 12 Tahun 2018, yakni terpenuhinya fungsi utama di ruas jalan tol seperti aspek kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna ruas jalan tol. Di samping itu, kelengkapan fasilitas, kebersihan, kerapian, dan komposisi ruang usaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga harus terpenuhi.

PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya, PT Jasa Marga Restarea Batang menghabiskan dana investasi Rp 70 miliar dalam Program Sinergi BUMN untuk membangun tempat istirahat (rest area) KM360 B Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah. Berdiri di atas lahan seluas 7,6 hektare sejak 2018, rest area 360 menjadi tempat peristirahatan pengendara dengan fasilitas terlengkap di Indonesia.

Rest area seluas 7,6 hektare itu dilengkapi total 58 fasilitas layanan bagi pengunjung mulai dari layanan standar hingga wisata. Mengusung konsep sebagai rest area hijau, pengelola menyediakan sejumlah fasilitas perdana dari seluruh rest area di Indonesia,

slah satunya kebun binatang berskala mini akan menempati lahan seluas 3.000 meter per segi di dalam rest area.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement