Ahad 15 Dec 2019 16:44 WIB

Festival Mi Ayam Dongkrak UMKM di Sukabumi Naik Kelas

Festival kuliner mi ayam akan rutin digelar tiap tahun.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
mi ayam
Foto: Darmawan / Republika
mi ayam

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi, Jawa Barat terkenal dengan kulinernya yang lezat dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Hal ini ditunjang dengan berbagai even wisata kuliner yang sering digiatkan di kota yang terkenal dengan penganan khas kue mochinya tersebut.

Misalnya pada Ahad (15/12) pagi digelar Festival Mie Ayam dan Gelar Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut digagas Pemkot Sukabumi bekerjasama dengan Bogasari.
 
Sebelumnya, ajang Festival Mie Ayam digelar di 22 kota lainnya di Indonesia. Uniknya dalam festival, warga bisa mendapatkan mie ayam secara gratis dengan jumlah porsi yang di sediakan sebanyak 1.500 porsi.
 
‘’ Kegiatan ini positif dalam mendukung Kota Sukabumi sebagai daerah dengan wisata unggulan kuliner,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.
 
Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Bogasari yang menunjukkan kepeduliannya pada pelaku UMKM. Menurut Fahmi, pembangunan tidak hanya  bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Melainkan membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam proses percepatan pembangunan. 
 
Salah satunya ungkap Fahmi, kegiatan festival mie ayam yang melibatkan para pelaku UMKM di Sukabumi agar naik kelas dan profesional. Dorongan ini dilakukan karena Kota Sukabumi tidak memiliki potensi alam yang bisa di banggakan.
 
Namun Kota Sukabumi memiliki banyak potensi Sumber Daya Manusia yang kokoh dan kuat serta tumbuh berkembang dengan melesat. Salah satunya dalam bidang ekonomi atau bidang UMKM.
 
Rencananya festival kuliner semacam ini ungkap Fahmi, akan masuk pada kalender even 2020. Hal ini sebagai bentuk kolabroasi dengan seluruh pihak dalam membangun Sukabumi melesat lagi.
 
Senior Vice President Commercial Bogasari Ariawan Budiprabawa mengatakan, pihaknya menjalin kemitraan dengan pelaku UMKM. Harapannya UMKM bisa berkembang dalam memasarkan produknya.
 
''Sukabumi dipilih sebagai lokasi festival karena UMKM nya mengalami pertumbuhan cukup baik,'' ujar Ariawan.
 
Selanjutnya kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap tahunnya. Pada acara ini dibagikan sebanyak 1.500 paket mie ayam gratis dan dipasarkan mie ayam dari pelaku UMKM di Sukabumi.
 
Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopdagrin) Kota Sukabumi Ayep Supriatna menambahkan, kegiatan ini untuk menumbuhkembangka pelaku UMKM di Sukabumi. ‘’ Momen ini menjadi media bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya baik mie ayam maupun jajanan pasar lainnya,’’ ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement