Kamis 12 Dec 2019 21:36 WIB

PMI Depok Rencanakan Promkes Pencegahan Hepatitis A

Promkes untuk membantu Dinas Kesehatan Kota Depok dalam menjalankan tugasnya.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Pasien yang terjangkit Hepatitis A dirawat di RSUD Depok, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019).
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Pasien yang terjangkit Hepatitis A dirawat di RSUD Depok, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok berencana melakukan kegiatan Promosi Kesehatan (Promkes) pencegahan Hepatitis A. Hal itu untuk membantu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dalam menjalankan tugasnya.

"Kami sedang melaksanakan Promkes terkait pencegahan penyebaran virus Hepatitis A selama sepekan ini. Jika berhasil dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik, mengapa kegiatan ini tidak kita lanjutkan," ujar Kordinator Promosi Kesehatan PMI Kota Depok, Imron Maulana, Kamis (12/12/19).

Baca Juga

Menurut Imran, saat ini tim relawan hanya memberikan edukasi di sekitar wilayah yang terdampak Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A. Bila memungkinkan, edukasi akan diberikan ke seluruh sekolah dan masyarakat di Kota Depok. "Kegiatan ini kan baru pertama kali. Jika memang efektif, jangkauannya bisa kita perluas ke wilayah lain sebagai upaya pencegahan atau antisipasi," terangnya.

Dia berharap, dengan keterlibatan anggota PMI dalam pencegahan penyebaran virus Hepatitis A, bisa membantu Dinkes Kota Depok mewujudkan Kota Depok yang sehat dan bersih.

"Kalau memungkinkan, kami akan susun jadwal kunjungan ke sekolah selama satu tahun ke depan. Mudah-mudahan upaya ini bisa mencegah penyebaran virus Hepatitis A di sekolah-sekolah," kata Imron. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement