Senin 09 Dec 2019 18:47 WIB

Zulhas Diklaim Didukung 80 Persen Peserta Rakernas PAN

Zulhas akan kembali maju dalam bursa pemilihan ketua umum PAN.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berbincang dengan Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais saat hadir pada acara pembukaan Rakernas V PAN di Jakarta, Sabtu (7/12).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berbincang dengan Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais saat hadir pada acara pembukaan Rakernas V PAN di Jakarta, Sabtu (7/12).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto mengklaim, bahwa Zulkifli Hasan didukung oleh 80 persen peserta yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN di Hotel Milenium, Jakarta pada Sabtu (7/12). Ia mengatakan, dukungan tersebut merupakan aspirasi dari para kader.

"Saya kira teriakan 'lanjutkan' yang membahana kemarin, yang hampir 80 persen menyatakan itu (dukungan untuk Zulhas) saya kira alami. Tidak ada yang mengkomando," ujar Yandri di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/12).

Baca Juga

Yandri menegaskan, Zulhas maju ke dalam pemilihan Ketua Umum PAN karena diusung oleh para pengurus DPD dan DPW. Bukan atas inisiatif Wakil Ketua MPR itu.

"Ini kan Bang Zul di ibu kota saja, tidak cari dukungan DPD di daerah. Kecuali kader lain memang sudah keliling, ini ga pernah keliling, karena dia diminta," ujar Yandri.

Meski begitu, situasi yang memanas jelang pemilihan ketua umum dalam PAN adalah hal yang lumrah. Jika kongres telah selesai, semua pihak akan bersatu kembali untuk mengembangkan PAN.

"Selalu yang proses internal itu dilalui dengan selamat, artinya walaupun kongres sepanas apapun, lalu setelah kongres akan guyub," ujar Yandri.

Terkait teriakan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menghentikan yel-yel "lanjutkan" untuk Zulhas, Yandri menanggapinya dengan santai. Ia menjelaskan, pihaknya tak ingin membenturkan hal-hal terkait restu dari petinggi partai.

"Ya itu hak Pak Amien-lah ya, punya sikap seperti itu. Tapi sekali lagi menurut saya jangan dibenturkan restu tidak restu, pengaruh siapa pengaruh," ujar Yandri.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais nampak geram terhadap sejumlah peserta yang terus meneriakkan kata "lanjutkan". Saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (rakernas) PAN di Hotel Milenium, Jakarta.

Teriakan tersebut merupakan nada dukungan sejumlah kader terhadap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk kembali memimpin partai. Sejumlah kader mendukung Zulkifli Hasan memimpin PAN periode 2020-2025.

"Lanjutkan itu belum tentu ya, jangan mendahului takdir. Anda jangan sorak-sorak seperti itu, tidak layak. Ini bukan partai kampungan," ujar Amien.

photo
Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais memberikan sambutan pada acara pembukaan Rakernas V PAN di Jakarta, Sabtu (7/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement