Senin 09 Dec 2019 07:21 WIB

PDIP Bakal Gelar HUT Ke-47 dan Rakernas Bersamaan

HUT ke-47 PDIP akan digelar pada 10-12 Januari 2020.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Kader PDIP mengikuti acara puncak peringatan HUT PDIP ke 46 di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
[ilustrasi] Kader PDIP mengikuti acara puncak peringatan HUT PDIP ke 46 di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDI Perjuangan bakal menggelar rapat kerja nasional (rakernas) I berbarengan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 pada 10-12 Januari 2020. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ingin momentum perayaan HUT dan Rakernas harus membawa semangat kebudayaan, wajah kerakyatan serta kampanye peduli lingkungan hidup.

"Ibu Megawati Soekarnoputri menginstruksikan untuk menghadirkan politik dalam wajah keseharian rakyat seperti perkuat tradisi kebudayaan rakyat, perhebat budaya membaca, jaga lingkungan agar asri dan nyaman serta selamatkan sumber-sumber mata air dan jaga selamatkan daerah aliran sungai dari berbagai bentuk pencemaran," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Ahad (8/12).

Baca Juga

Selain itu, politikus asal Yogyakarta ini juga berharap agar setiap kader PDI Perjuangan disiplin dalam waktu, berpikir, bicara dan bertindak. Menurutnya hal itu merupakan syarat untuk meraih prestasi, mendorong nilai tambah, dan budaya kerja inovasi untuk kemajuan bangsa.

"Serta disiplin wujudkan jati diri sebagai manusia berprestasi guna menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Seluruh aspek kedisiplinan tersebut mutlak bagi terbentuknya kultur bangsa berprestasi,"  ujarnya.

Hasto juga mengingatkan pesan Proklamator RI Soekarno bahwa jati diri bangsa harus mengedepankan persatuan. Persatuan penting dilakukan bukan hanya dalam negeri, tetapi juga dunia.

“Indonesia adalah bangsa dengan cita-cita besar membangun persaudaraan dunia agar damai dan berkeadilan," ucapnya.

Hasto berpesan PDI Perjuangan harus menjadi partai pelopor yang menggerakkan rakyat berjuang mencapai tujuan bernegara. Menurutnya politik itu harus menyentuh seluruh aspek kehidupan dan dimulai dari hal yang sederhana, yang nampaknya kecil, namun digerakkan oleh cita-cita besar.

"Politik itu detail, berbicara kebijakan yang menyentuh kehidupan sehari-hari rakyat seperti kesadaran tidak membuang sampah di selokan atau sungai, hidup bersih dengan merawat lingkungan hidup. Hidup berdikari dengan memanfaatkan setiap jengkal tanah untuk tanaman yang bermanfaat," tegas Hasto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement