Ahad 08 Dec 2019 12:43 WIB

Surabaya Terapkan Wilayah Manajemen Kebakaran Radius 2,5 Km

Kota Surabaya sudah memiliki 21 pos bantu pemadam kebaran

Kebakaran (ilustrasi)
Foto: Antara/Yusran Uccang
Kebakaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya menerapkan program Wilayah Managemen Kebakaran (WMK) dengan radius 2,5 kilometer dari pos bantu PMK Surabaya sebagai upaya mengantisipasi bahaya kebakaran. Kepala Dinas PMK Surabaya Dedik Irianto, di Surabaya, Ahad (8/12), mengatakan untuk Kota Surabaya saat ini sudah ada 21 pos bantu PMK dan 96 persensudah meliputi program WMK.

"Kami berharap dengan program WMK ini, bahaya kebakaran di Surabaya bisa dicegah," katanya.

Baca Juga

Menurut dia, dengan adanya program WMK, satu wilayah dengan wilayah lainnya terhubung ikatan kerja sama dan saling bantu. Ia mencontohkan jika ada kebakaran di wilayah Bubutan, PMK dari Tegalsari yang wilayahnya berdekatan dengan Bubutan bisa membantu. Dengan begitu api lebih cepat dipadamkan.

Selain itu, WMK tidak hanya terhubung dalam satu wilayah, namun juga antarkota. PMK Surabaya sendiri sering membantu kota lain seperti kebakaran di Sidoarjo.

"Secara keseluruhan titik kantorkebakaran ada 21 pos, plus 1 Puskotis (Posko Strategis) di Balai Pemuda," katanya.

Selain itu, Dinas PMK Surabaya juga memiliki Tim Walang Kadung yang biasa menggunakan sepeda motor menjadi garda terdepan dalam pemadaman kebakaran yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Surabaya.

Tim tersebut cukup lincah ketika berada di jalan dan bisa masuk ke gang-gang sempit di perkampungan padat penduduk. Selain itu, tim tersebut juga sudah mengantongi izin dari Jasa Marga untuk beroperasi dan melintas di jalan tol saat terjadi kecelakaan.

Awalnya, Tim Walang Kadung ini memiliki dua unit sepeda motor khusus. Namun, setelah terlihat hasil dan efektifdalam memadamkan kebakaran, ditambahkan lagi tiga unit.

Kendaraan yang dipakai Tim Walang Kadung dibuat khusus dari Jepang dengan kapasitas mesin Kawasaki 250 cc, dilengkapi pula dengan selanghigh pressure portable system sepanjang 15 meter, dua tangki air plus foam(busa) berkapasitas masing-masing 25 liter, dua tabung propelentberkapasitas 6 liter dengan kemampuan tekan 300 bar, dan kemampuan semprot jet 15 meter.

Selain itu, para pengendara dilengkapi helm yang didesain khusus dan terkoneksi dengan alat komunikasi HT (handy talky) sehingga petugas yang mengendarai motor Walang Kadung itu sudah siap dengan seragam aman pemadam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement