REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika merangkul "influencer" atau penggiat media sosial untuk ikut menyosialisasikan dan menginformasikan program-program pemerintah agar sebarannya menjadi lebih luas.
"Sekarang generasi milenial tidak hanya terpaku pada dunia nyata dan media arus utama. Mereka cenderung lebih dekat dengan media sosial, karena itu kita coba masuki dunia itu," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo di Padang, Kamis (5/12).
Ia mengatakan itu saat berinteraksi dengan puluhan influencer dan media dalam rangkaian peringatakan Hari Nusantara pada 13 Desember setiap tahun. Widodo mengatakan penggiat media sosial bisa membantu menyiarkan informasi tentang program-program pemerintah kepada masyarakat terutama generasi milenial. Karakter media sosial yang tanpa batas juga bisa mempromosikan Indonesia ke dunia internasional.
"Kita ingin sampaikan pada sebanyak-banyaknya masyarakat baik di Indonesia maupun dunia internasional bahwa Indonesia adalah negara besar dan punya cita-cita besar yang besar pula. Bahkan banyak yang meramal Indonesia akan masuk lima negara besar dunia," ujarnya.
Karena itu, tambahnya, Kemkominfo ingin menggelorakan hal itu lewat netizen. Kemkominfo ingin media sosial mengamplifikasi kebijakan pemerintah dan program pemerintah dan cita-cita pemerintah menuju negara maju.
Ke depan, katanya Kemkominfo juga akan memaksimalkan paltform baru untuk sosialisasi program pemerintah baik media sosial maupun media arus utama. Informasi itu akan bisa diakses publik.